BPS dan Pemkab OKU Timur Gelar FGD Data Sektoral

BPS dan Pemkab OKU Timur Gelar FGD Data Sektoral

BPS Kabupaten OKU Timur dan Pemerintah Kabupaten OKU Timur menggelar Focus Group Discussion (FGD) Penyusunan Publikasi OKU Timur Dalam Angka dan pembinaan statistik sektoral. Foto: Deo/OKUTPOS--

MARTAPURA, OKUTIMURPOS.COM - BPS Kabupaten OKU Timur dan Pemerintah Kabupaten OKU Timur menggelar Focus Group Discussion (FGD) Penyusunan Publikasi OKU Timur Dalam Angka dan pembinaan statistik sektoral.

FGD tersebut dihadiri oleh Bupati Kabupaten OKU Timur Ir H Lanosin ST Sekretaris Daerah OKU Timur, Jumadi Kepala BPS Kabupaten OKU Timur, Kepala OPD di lingkungan Pemkab OKU Timur, Perwakilan PLN dan PT. Pos Persero.

Kepala BPS Kabupaten OKU Timur Ir Budiriyanto MAP mengatakan, data sektoral yang dikumpulkan dari 10 OPD yang menjadi kontributor data dalam penyusunan publikasi OKU Timur Dalam Angka.

"Pertumbuhan Ekonomi OKU Timur yang mencapai 5,44 persen, Angka Kemiskinan yang membanggakan di angka 10,05 persen dan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang menyentuh level tinggi di angka 70,23," jelasnya.

Tak hanya itu, pembinaan statistik sektoral di level desa yang dilakukan BPS Kabupaten OKU Timur telah mengantarkan Desa Tanjung Raya sebagai 12 Desa Cinta Statistik Tingkat Nasional.

"BPS Kabupaten OKU Timur selaku pembina data statistik sektoral juga menyampaikan hasil sementara Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS) yang menghasilkan Indeks Pembangunan Statistik (IPS) di angka 2,35," jelasnya.

Sementara, Bupati OKU Timur Enos menyampaikan, bahwa pembangunan berkualitas dihasilkan melalui data yang berkualitas.

"Saya berharap seluruh OPD dapat menjadi produsen data yang baik sehingga data yang ada dapat dibagipakaikan lintas stakeholder guna mendukung Satu Data Indonesia yang digagas Presiden Joko Widodo," tegasnya.

Pada acara tersebut juga sempat diteriakkan yel yel dukungan Sensus Pertanian 2023 (ST2023) tepat di 100 hari menuju ST2023 yang akan berlangsung mulai 1 Juni hingga 31 Juli 2023. (clau)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: