Rehabilitasi Pecandu Narkoba Melalui Program Pasti Sehat Sembuh

Rehabilitasi Pecandu Narkoba Melalui Program Pasti Sehat Sembuh

Kepala BNNK OKU Timur AKBP Efri Tambunan--

 

 

“Untuk masyarakat yang sudah terlanjur memakai, dianjurkan untuk segera melaporkan diri ke Klinik BNNK OKU Timur agar bisa di rehabilitasi atau diobati atau bisa menghubungi ke nomor Hotline BNNK OKU Timur di 0735 481444,” katanya.

BACA JUGA:INGAT! Ini Jadwal Resmi Pencairan Dana Bansos PKH Tahun 2023

 

 

Dikatakan, rehabilitasi berarti pemulihan kapasitas fisik dan mental pada kondisi keadaan sebelumnya. “Bagi seorang penyalahgunaan atau pecandu narkoba, rehabilitasi merupakan sebuah proses yang harus di jalani dalam rangka full recoverry atau pemulihan sepenuhnya. Untuk hidup normatif, mandiri dan produkrif di masyarakat,” katanya.

BACA JUGA:INGAT! Ini Jadwal Resmi Pencairan Dana Bansos PKH Tahun 2023

 

 

Ada tiga tahapan rehabilitasi, kata dia, diantaranya tahap rehabilitasi medis (detoksifikasi,red) yaitu proses di mana pecandu menghentikan penyalahgunaan narkoba di bawah pengawasan dokter untuk mengurangi gejala putus zat (sakau).

BACA JUGA:Inget Ya, Ini Dia Sederet Bansos yang Akan Cair Tahun 2023, Berikut Cara Memperolehnya

 

 

Kemudian tahap ke dua, tahap rehabilitasi non medis, yaitu dengan berbagai program di tempat rehabilitasi, misalnya program therapeutic communities (TC) pendekatan keagamaan, atau dukungan moral dan sosial. Sementara tahap ketiga, tahap bina lanjut, yang akan memberikan kegiatan sesuai minat dan bakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: