Tahun 2023, Pemprov Sumsel Janji Renovasi Keseluruhan Pasar Cinde

Tahun 2023, Pemprov Sumsel Janji Renovasi Keseluruhan Pasar Cinde

Sebanyak 31 pedagang korban kebakaran pasar Cinde yang terjadi pada akhir November 2022 lalu, mendapat bantuan modal usaha dari Pemprov Sumatera Selatan. Foto: Humas Pemprov Sumsel--

PALEMBANG, OKUTIMURPOS.COM – Sebanyak 31 pedagang korban kebakaran pasar Cinde yang terjadi pada akhir November 2022 lalu, mendapat bantuan modal usaha dari Pemprov Sumatera Selatan (Sumsel).

Bantuan diserahkan oleh Sekretaris Daerah SA Supriono mewaliki Gubernur Herman Deru yang dipusatkan di halaman kantor Dinas Perdagangan Provinsi Sumsel, Kamis (22/12) pagi.

Dalam arahannya Sekda Supriono menegaskan, bantuan modal bagi eks korban kebakaran pasar cinde tersebut dengan tujuan agar mereka dapat kembali melanjutkan usaha ekonominya.

Karena itu bantuan yang diberikan agar dimanfaatkan sebaik-baiknya sebagai modal usaha. "Bantuan modal yang diberikan, gunakan untuk modal, sehingga dapat memulihkan perekonomian Bapak dan Ibu sekalian," harapnya.

Supriono merinci bantuan modal usaha yang dikucurkan bagi pedagang eks korban kebakaran pasar cinde tersebut diambil dari pos dana biaya tak terduga (BTT) pada APBD Provinsi Sumsel sebesar Rp. 391 Juta.

Sedangkan untuk proses renovasi pasar cinde, tegas Supriono pada tahun 2023 mendatang Pemprov Sumsel akan menganggarkan dana renovasi keseluruhan pasar cinde.

"Insya Allah Pemrov Sumsel telah menyiapkan dana yang akan dianggarkan untuk renovasi pasar cinde pada tahun anggaran 2023," paparnya.

Sementara itu Kepala Dinas Perdagangan, Ir. Ahmad Rizali dalam laporannya mengatakan,besaran nominal bantuan yang diberikan untuk para korban kebakaran cinde tidak sama antara pedagang yang satu dengan yang lainnya.

Namun disesuaikan dengan besaran kerugian yang dialami oleh pedagang yang menjadi korban yang diawali dengan survei dan verifikasi dalam menentukan besaran bantuan yang akan disalurkan.

"Bantuan hari ini langsung ditransfer kepada kerekening masing-masing penerima bantuan," pungkasnya. Dilain pihak salah satu pedagang korban kebakaran pasar cinde yang mendapatkan bantuan modal usaha dari Gubernur mengaku sangat senang dan berjanji akan memanfaatkan modal yang telah diberikan untuk kembali melanjutkan usahanya berjualan di sekitar pasar Cinde.

“Terimakasih banyak untuk Bapak Gubernur Herman Deru atas bantuannya. Uangnya akan dijadikan modal jualan lagi,” ucapnya dengan nada haru. Pada kesempatan yang sama Supriono membuka pasar murah yang digelar Dinas Perdagangan Provinsi Sumsel. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: rilis pers