Ribuan Peserta Ikuti Sriwijaya Ranau Grand Fondo, Ini Kata Gubernur Sumsel

Ribuan Peserta Ikuti Sriwijaya Ranau Grand Fondo, Ini Kata Gubernur Sumsel

Sekitar 3000 pesepeda dari dalam maupun luar negeri ambil bagian meramaikan event tahunan Sriwijaya Ranau Grand Fondo ke 4 Tahun 2022. Foto: Humas Pemprov Sumsel--

OKU SELATAN, OKUTIMURPOS.COM – Tak kurang dari 3000 pesepeda dari dalam maupun luar negeri ambil bagian meramaikan event tahunan Sriwijaya Ranau Grand Fondo (SRGF) ke 4 Tahun 2022. Kegiatan tersebut dipusakan di Danau Ranau Kecamatan Banding Agung Kabupaten OKU Selatan, Sabtu (12/11) pagi.

Tingginya antusias peserta SRGF 2022 disambut baik Gubernur Sumsel H Herman Deru. Bahkan menurut dia dari tahun-ketahun jumlah peserta terus meningkat secara signifikan.

Karena itu ke depan harus lebih dipertajam lagi dari segi kategori lomba maupun destinasi yang ditampilkan dan yang tak kalah lebih penting lagi promosi harus lebih digencarkan.

"Yang lebih penting pola pikir harus diubah bahwa SRGF ini bukan semata- mata kepariwisataan, olahraga ataupun rekreasi. Tapi inilah cara kita menggerakan ekonomi masyarakat OKU Selatan yang didukung tingginya anemo peserta dan dukungan masyarakat yang luar biasa," tegas Herman Deru sesaat sebelum melepas peserta SRGF 2022 pelataran Danau Ranau lokasi start dilakukan.

Herman Deru menilai geliat ekonomi masyarakat sebelum dan pasca SRGF digelar luar biasa homestay terisi penuh yang memberikan efek besar terhadap roda perekonomian sekitar.

"Danau ranau memiliki daya pikat yang luar biasa, bukan saja keindahan alamnya namun budaya dan kulinernya juga menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Tapi kita juga tidak mengabaikan potensi daerah lainnya," imbuh Herman Deru.

Dia mengucapkan terima kasih kepada TNI/Polri yang sudah menjaga keamanan dan kenyamanan bagi para peserta SRGF dan pengunjung yang datang ke danau ranau. Lebih jauh Herman Deru membandingkan kenapa Provinsi Bali bisa maju. Karena warganya bisa menjaga kelestarian kearifan lokal.

"Terlaksananya SRGF ini karena terjaganya keamanan. Terimakasih pada aparat keamanan dan masyarakat yang sudah menerima tamu dengan sangat terbuka. Dengan ramai orang dari berbagi luar daerah yang datang akan meningkatkan pendapatan IKM dan UKM ditambah lagi SDA," ujarnya.

Herman Deru yakin dengan kearifan lokal yang terus terjaga, masyarakatnya menjaga etika dan ramah tamah maka OKU Selatan akan lebih cepat maju.

"Kita beruntung memiliki danau ranau ini karena memberikan keberkahan yang luar biasa. Pada tahun 2019 kita sepakat dengan Pak Bupati dan Forkopimda untuk membuat event yang besar dan bermanfaat bagi kesehatan serta ekonomi masyarakat," terangnya. (RIL)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: rilis pers