Bimbingan Teknis 332 Desa Cantik Rampung

Bimbingan Teknis 332 Desa Cantik Rampung

Bimtek di 332 Desa Cinta Statistik (Desa Cantik) Gelombang II Tahun 2022 rampung. Foto: Deo/OKUTPOS--

MARTAPURA, OKUTIMURPOS.COM - Bimbingan Teknis (Bimtek)di 332 Desa Cinta Statistik (Desa Cantik) Gelombang II Tahun 2022 akhirnya rampung dilaksanakan hari Rabu, 9 November 2022.

Bimtek tersebut diselenggarakan oleh Bappeda dan Litbang menggandeng BPS OKU Timur sebagai instruktur. Bimtek dibagi menjadi 2 TC yaitu TC Nurul Huda dan TC Madang Suku II.

Kepala BPS OKU Timur, Ir Budiriyanto MAP mengatakan, pentingnya data dalam pembangunan. Bahkan ia mengapresiasi Bupati OKU Timur yang menginisiasi pelaksanaan desa cantik desa atau kelurahan se-OKU Timur.

Bertindak sebagai instruktur di TC Nurul Huda, Nyimas Mawadah Utami, SStat dan KgsM Ilyas Murni SKom. Sedangkan instruktur yang bertugas di TC Madang Suku II adalah Rillando Maranansha Noor SE dan Jasmine Sekar Rani STr. Stat.

Adapun materi yang diberikan adalah terkait pengumpulan dan pengolahan data desa cantik melalui kuesioner potensi SLS. Sementara, Instruktur sekaligus pembina desa cantik Kabupaten OKU Timur Rillando, mengungkapkan bahwa program desa cantik se-OKU Timur ini akan menjadi pendukung kesuksesan pembangunan kedepan, dimana desa tak lagi sekedar objek pembangunan tetapi jg subjek atau pelaku pembangunan.

"Program ini juga merupakan peran BPS sebagai pembina statistik sektoral, tidak hanya sebatas pembinaan kementerian atau lembaga atau instansi daerah semata, tetapi juga membina hingga level desa," jelasnya.

Bimtek yang berlangsung hari ini sekaligus menutup bimtek gelombang II yang telah dilaksanakan mulai tanggal 4 November 2022. Bimtek gelombang II tersebut diberikan kepada 299 desa.Setelah sebelumnya pada gelombang I sebanyak 33 desa.

332 desa atau kelurahan se-OKU Timur dengan melibatkan 664 agen statistik telah menerima materi bimtek desa cantik. (clau)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: liputan langsung