Tingkatkan Kemampuan Motorik Kasar dengan Bermain Lompat Tali

Tingkatkan Kemampuan Motorik Kasar dengan Bermain Lompat Tali

LOMPAT TALI : Terlihat anak TK Mutiara Harapan saat bermain Lompat Tali untuk meningkatkan motorik kasar anak.--

 

 

SEMENDAWAI TIMUR,OKUTIMURPOS.COM - Bermain adalah kegiatan yang pasti sangat disukai anak. Karena selain membuat hatinya gembira, bermain juga dapat sekaligus melatih keterampilan motorik kasar anak. Apa saja contoh kegiatan motorik kasar untuk anak usia 4-5 tahun yang bisa dilakukan sambil bermain.

 

Dewi Markamah SPd Guru TK Mutiara Harapan Desa Karang Anyar Kecamatan Semendawai Timur mengatakan, motorik kasar adalah keterampilan yang melibatkan gerakan otot besar seperti otot lengan, kaki, atau otot di seluruh tubuhnya. 

 

"Keterampilan motorik kasar memungkinkan anak untuk duduk, merangkak, berdiri, berjalan, menendang, hingga berlari," terangnya.

 

Selain itu motorik kasar meliputi keterampilan lokomotor atau gerakan berpindah tempat, kontrol objek, dan keseimbangan. Perkembangan motorik kasar setiap anak berbeda-beda satu dengan yang lainnya, tergantung stimulasi dan juga pertumbuhan fisik anak. 

 

"Agar perkembangan motorik kasar anak berkembang sesuai dengan usianya, penting bagi Ibu untuk melatih dan menstimulasi kemampuan motorik kasar pada anak," jelasnya.

Ibu mungkin bertanya-tanya, apa pentingnya melatih dan menstimulasi kemampuan motorik kasar anak. Bukankah pada waktunya ia pasti akan bisa berdiri, berjalan, berlari, dan melompat dengan sendirinya.

Ternyata, ada alasan mengapa kemampuan yang satu ini harus dilatih sejak dini. Gerakan motorik kasar adalah fondasi yang kuat dalam mendukung aktivitas bermain dan belajar anak. Untuk bisa duduk atau berdiri dengan stabil, misalnya, anak tentu harus punya keterampilan motorik kasar yang baik.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: