Dampak Pakan Ternak Naik, Harga Telur Ayam di Martapura Meroket

Dampak Pakan Ternak Naik, Harga Telur Ayam di Martapura Meroket

Kenaikan harga telor ayam mulai terjadi di Pasar Martapura, OKU Timur. Foto: Deo/OKUTPOS--

MARTAPURA, OKUTIMURPOS.COM - Akibat dampak harga pakan ternak naik. Harga telur disejumlah Pasar Tradisional, Kecamatan Martapura meroket hingga Rp. 60.000 perkarpet.

Ucok penyuplai telur di Kecamatan Martapura mengaku, semula harga telur

mencapai Rp. 45.000 perkarpet sekarang mencapai Rp. 57.000 sampai Rp 60.000 perkarpetnya.

"Kenaikan harga kira-kira 20 persen. Kemungkinan harganya naik gara-gara harga pakan ayam yang melonjak naik dan bisa jadi karena kelangkaan BBM," katanya.

Kendati adanya kenaikan harga kata Ucok, untuk suplai telur dari daerah saat ini tetap berjalan dengan lancar, meski harganya sudah naik sejak dua pekan terakhir. Hal ini juga berpengaruh terhadap daya beli konsumen yang menurun dari hari biasanya, meskipun tetap ada.

"Penjualan tetap jalan, tapi pembeli tidak banyak, hanya pelanggan tetap saja yang datang. Kita berharap harga telur ayam ini segera distabilkan," jelasnya.

Sedangkan, Sandi (28), pedagang telur di Pasar Tradisional Martapura mengatakan, kenaikan harga telur di Pasar Tradisional Martapura sejak dua minghu yang lalu. Mulai dari harga Rp. 48.000 hingga saat ini mencapai Rp.62 ribu.

"Daya beli ada penurunan, telur kan bahan pokok ya, jadi tetap ada yang beli walaupun sedikit. Biasanya yang beli satu karpet, ini jadi setengah karpet saja," pungkasnya. (clau)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: liputan langsung