Media Gotong Royong

Media Gotong Royong


Ada empat hal yang harus diperhatikan ketika membangun jaringan media. Yakni 1) Model Bisnis/usaha, 2) Proses Bisnis, 3) Model Pendapatan/penghasilan, dan 4) Konten Kreatif.



PR sendiri kata Agus, telah 3 tahun melaksanakan bisnis model baru ini. Mengedepankan azas kegotong royongan (kolaborasi). PRMN yang berdiri sejak 2019 sudah memiliki 300 an mitra.



Kemudian untuk menampung mereka yang membutuhkan support IT pada 2021, Agus mendirikan PT Promedia Teknologi Indonesia.



"Konsep kita berbagi penghasilan. Dan tentu bebannya pun berbagi. Alhamdulillah hasilnya sudah ada yang menikmati," papar Agus.


Agus menceritakan ada 2 portal yang menjadi subdomain pikiranrakyat.com sudah mengasilkan Rp 4,3 M per tahun. Yakni portal DIY.com dan portaljember.com.



Apa yang kedua media ini lakukan? Kalau diy.com lanjut Agus, kontennya seputar pemerintahan desa. Antara lain pemberitaan dana bansos. Kemudian, portal jember.com, khusus konten keagamaan. Ceramah agama dan sejenisnya.



Konsep ini pun sedang dikembangkan oleh Dahlan Iskan. Melalui induknya portal disway.id, semua media daerah dibawah naungan Dahlan Iskan di Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Sumbagsel kini menjadi subdomain disway.id. Kita tunggu saja hasilnya. (purwadi)









Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: liputan