Kualitas Udara di Palembang Kategori Tidak Sehat, Demang Lebar Daun dan Bukit Kecil Peringatan Berwarna Merah

Senin 11-09-2023,22:48 WIB
Editor : Yogi Ruandy

PALEMBANG,OKUTIMURPOS - Kualitas udara di Kota Palembang, Sumatera Selatan, dalam kategori tidak sehat, Senin, 11 September 2023.

Bahkan wilayah Demang Lebar Daun, dan Bukit Kecil masuk kategori tidak sehat dengan peringatan berwarna merah. Hal tersebut berdasarkan informasi tentang kualitas udara yang dilansir website indeks kualitas udara, IQAir.

Palembang saat ini masuk ke dalam kategori tidak sehat ditandai berwarna merah, dimana konsentrasi polutan utama PM2.5 mencapai angka 151. Hal ini berarti bahwa konsentrasi PM2.5 di Palembang sekitar 11.2 kali lipat lebih tinggi dari nilai panduan kualitas udara tahunan yang ditetapkan oleh WHO.

Wilayah-wilayah di Palembang, yang masuk dalam kategori tidak sehat seperti Demang Lebar Daun, dan Bukit Kecil peringatan berwarna merah.

Sedangkan wilayah Sukarami dan Kenten, masuk kategori tidak sehat bagi kelompok sensitif dengan peringatan berwarna oranye.

"Kita harap udara di Palembang semakin membaik. Dalam hal ini peran Pemerintah sangay diperlukan untuk mengatasi hal ini," kata Ainun warga Sukarami Seperti dikutip dari sumeks.co.

Adapun cara mencegah penyakit akibat polusi udara yakni:

BACA JUGA:BNI Percantik Kota Palembang, Herman Deru: Semoga Korporasi Lain Terpantik

1. Menggunakan masker untuk mengurangi masuknya polusi ke dalam saluran pernapasan dan paru-paru.

2. Hindari aktivitas di area dengan kualitas udara tidak sehat.

3. Terapkan pola hidup bersih dan sehat, seperti konsumsi makanan bergizi, istirahat dengan cukup, cuci tangan, dan tidak merokok.

4. Apabila berkendara dengan mobil, sebaiknya tutup semua jendela dan nyalakan AC dengan mode re-circulate.

5. Jangan menyalakan api diruangan atau membakar sesuatu didalam rungan.

6. Gunakan pembersih udara atau letakan tanaman.

Walaupun terlihat bersih, udara yang setiap hari di hirup nyatanya mampu meningkatkan risiko terkena beragam penyakit pernapasan.

Kategori :

Terpopuler