Tikus Serang Lahan Pertanian, Petani Lakukan Pengemposan

Rabu 25-01-2023,16:13 WIB
Reporter : redokutpos
Editor : redokutpos

SEMENDAWAI SUKU, OKUTIMURPOS.COM - Sejumlah petani di Kecamatan Semendawai Suku III kini menghadapi serangan hama tikus di lahan padinya yang masih berusia kurang dari 20 hari.

 

Kemudian petani melakukan pengemposan untuk mencegah serangan hama semakin meraja lela. Ratno petani desa setempat mengatakan, akibat serangan hama tikus tersebut, tanaman padinya yang baru ditanam tidak dapat tumbuh maksimal dan lama-kelamaan mati.

 

"Kami terpaksa menanam ulang, karena tanaman yang sebelumnya dimakan tikus. Kondisi tersebut merugikan kami karena harus keluar biaya benih, semai, dan pupuk lagi," ujarnya kepada wartawan.

 

Menurutnya, hama tikus tersebut menyerang bagian batang tanaman. Banyak tanaman padi yang masih berusia 10 hingga 15 hari tersebut mati.

 

Para petani sudah berupaya membasmi hama tersebut dengan melakukan pengemposan dengan mengunakan belerang. "Kita sudah melakukan pembasmian, namun popoulasi tikus tersebut seakan tidak pernah ada habisnya," katanya.

 

Dirinya memperkirakan, hampir semua tanaman padi di wilayahnya terserang hama tikus. Tidak hanya itu, petani juga masih dipusingkan dengan sulitnya mencari pupuk. (dira)

Kategori :