Bawaslu OKU Timur Gandeng Wartawan, Aktifkan Pengawasan Pelaksanaan Tahapan Pemilu

Bawaslu OKU Timur Gandeng Wartawan, Aktifkan Pengawasan Pelaksanaan Tahapan Pemilu

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten OKU Timur mengelar sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif pada pemilihan serentak tahun 2024, Jumat (23/08/2024).--

MARTAPURA, OKUTIMURPOS.COM - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten OKU Timur menggandeng organisasi wartawan dapat berperan aktif melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan seluruh tahapan pemilihan. Sehingga terwujud pesta demokrasi yang jujur, adil dan berintegritas.
 
Hal tersebut diungkap Ketua Bawaslu Kabupaten OKU Timur Sunarto SP didampingi Koordinator Divisi Pencegahan, Pengawasan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat, Bisri Mustofa, MPdI saat sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif pada pemilihan serentak tahun 2024.
 
Bahkan Bawaslu menekankan perlunya upaya memaksimalkan pencegahan terjadinya pelanggaran selama proses Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kabupaten OKU Timur.
 
 
Dimana peserta sosialisasi ini diantaranya OKP kemahasiswaan dan organisasi wartawan yang ada di Kabupaten OKU Timur yang digelar di Hotel Parai Puri Tani.
 
Ketua Bawaslu Kabupaten OKU Timur Sunarto SP didampingi Koordinator Divisi Pencegahan, Pengawasan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat, Bisri Mustofa, MPdI  mengatakan, pihaknya sangat mengharapkan partisipasi aktif dari masyarakat, stakeholder terkait, termasuk wartawan.
 
“Semua pihak diharapkan untuk aktif melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan seluruh tahapan pemilihan. Sehingga terwujud pesta demokrasi yang jujur, adil dan berintegritas," katanya, Jumat (23/08/2024).
 
Lebih lanjut ia menyampaikan, bahwa pengawasan yang dilakukan mahasiswa bukan hanya sebagai tindakan preventif terhadap potensi pelanggaran.
 
Melainkan juga sebagai sarana pembelajaran politik yang mendalam bagi mereka.
 
Untuk itu, ia berharap, semangat partisipatif dalam pengawasan pemilu dan pemilihan dapat tersebar ke seluruh OKU Timur. 
 
Pengawasan yang dilakukan oleh mahasiswa bukan hanya sebagai tindakan preventif terhadap potensi pelanggaran. 
 
"Namun juga sebagai sarana pembelajaran politik yang mendalam. Hal tersebut diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi kualitas demokrasi khususnya di OKU Timur," ujarnya.
Ia juga menekankan pentingnya partisipasi masyarakat dalam pengawasan pemilu, sesuai dengan tagline Bawaslu 'Bersama Rakyat Awasi Pemilu'.
 
Tak lupa ia juga mendorong peran serta mahasiswa dan wartawan dalam menjaga integritas Pilkada.
 
"Kami mengajak semua pihak mulai dari mahasiswa maupun wartawan, untuk melaporkan jika menemukan adanya kecurangan dalam proses Pilkada," pungkasnya. (clau)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: liputan langsung