Kubis atau Kol, Sayuran Ajaib dengan Manfaat Kesehatan Luar Biasa

Kubis atau Kol, Sayuran Ajaib dengan Manfaat Kesehatan Luar Biasa

Kubis atau Kol--

OKUTIMURPOS.COM- Kubis atau Kol, salah satu sayuran hijau yang sering dihindari banyak orang, ternyata memiliki berbagai manfaat luar biasa yang mampu meningkatkan kualitas hidup kita.

Kubis atau Kol sangat rendah kalori dan lemak. Oleh karena itu, sayuran ini menjadi makanan yang cocok bagi Anda yang ingin menjaga berat badan ideal

Meski rendah kalori, kubis tetap kaya serat sehingga membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan membantu mengurangi rasa lapar berlebihan serta mengontrol asupan makanan.

Selain itu kubis juga banyak mengandung vitamin dan mineral yang penting untuk kesehatan tubuh. 

Sayuran ini kaya akan vitamin C, vitamin K, vitamin B6, dan asam folat. 

Vitamin C berperan penting dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh, meningkatkan produksi kolagen untuk kesehatan kulit, dan melindungi tubuh dari radikal bebas. 

Vitamin K membantu pembekuan darah dan menjaga kesehatan tulang, sedangkan vitamin B6 dan asam folat penting untuk fungsi otak yang optimal.

BACA JUGA:Selain Baunya yang Kurang Sedap, Ketahui 6 Manfaat Petai Bagi Kesehatan

Manfaat lainnya adalah kubis mengandung senyawa sulfur yang dapat membantu detoksifikasi tubuh dan melindungi kesehatan hati. 

Senyawa belerang ini juga memiliki sifat anti inflamasi dan antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari penyakit dan peradangan.

Kubis juga diketahui mengandung senyawa glukosinolat yang dapat membantu melawan kanker. 

Sayuran ini memiliki kemampuan melawan pertumbuhan sel kanker dan menurunkan risiko terjadinya kanker pada beberapa jenis kanker seperti kanker usus besar, kanker payudara, dan kanker prostat.

Selain manfaat kesehatan yang disebutkan di atas, kubis juga dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung, menjaga kesehatan mata, menurunkan risiko diabetes, dan melancarkan pencernaan.

Oleh karena itu, kita harus menambahkan kubis atau kangkung ke dalam menu makanan kita sehari-hari. Anda bisa menambahkannya ke salad, tumis, atau menyajikannya sebagai acar segar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: