Calvin Verdonk Sudah Resmi WNI, Langsung Buat KTP dan Paspor Indonesia

Calvin Verdonk Sudah Resmi WNI, Langsung Buat KTP dan Paspor Indonesia

Calvin Verdonk--

JAKARTA -Calvin Verdonk resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) setelah melalui proses naturalisasi yang lengkap pada Rabu 5 Juni 2024. 

Langkah bersejarah ini disambut dengan gembira oleh banyak pihak, termasuk Erick Thohir selaku Ketua Umum PSSI.

Menyikapi genapnya Calvin Verdonk dalam proses naturalisasi, Erick Thohir menyampaikan, ungkapan kebahagiaannya. “Alhamdulillah Calvin Verdonk sudah resmi menjadi WNI setelah pengambilan sumpah,” ujarnya.

Ini kerja keras dan kerja bersama semua pihak yang cinta sepakbola Indonesia dan ingin sepakbola kita maju. “Setelah proses pengambilan sumpah, Calvin juga langsung membuat KTP dan paspor Indonesia." Tambahnya.

Meskipun sudah mengambil sumpah, masih diperlukan satu langkah penting lainnya, yakni persetujuan dari FIFA agar Calvin dapat mewakili timnas Indonesia di kancah internasional.

Erick Thohir tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada Bapak Presiden Joko Widodo, Ketua DPR RI, Pimpinan Komisi III DPR RI, Pimpinan Komisi X DPR RI, Menpora, dan Menkumham yang senantiasa memberikan dukungan bagi perkembangan sepak bola Indonesia menuju arah yang lebih baik.

BACA JUGA:Komentar Netizen Soal Kartu Merah di Debut Pratama Arhan yang Berakhir Tragis

Dengan naturalisasi Calvin Verdonk, diharapkan akan memperkaya komposisi pemain timnas Indonesia serta membuka peluang yang lebih luas bagi sepak bola Tanah Air untuk meraih prestasi internasional yang gemilang.

Sebelumnya,Komisi X dan III DPR RI menyetujui untuk merekomendasi kewarganegaraan kepada dua calon pemain naturalisasi Calvin Ronald Verdonk dan Jens Raven.

Kepastian ini seusai Komisi X dan III mengadakan rapat kerja dengan Menpora Ario Bimo Nandito Ariotedjo (Dito Ariotedjo). 

Pada agenda ini juga dihadiri oleh Sekjen PSSI Yunus Nusi beserta anggota Komite Eksekutif PSSI Vivin Cahyani Sungkono di Gedung DPR RI, Jakarta pada Senin 3 Juni 2024.

Calvin Verdonk yang berasal dari klub NEC Nijmegen hadir secara langsung di Gedung DPR sedangkan Jens Raven yang berasal dari FC Dordrecht U-21 bergabung lewat virtual lantaran berada di Prancis untuk membela tim U-20 Indonesia di Toulon 2024.

Sekjen PSSI, Yunus Nusi bersyukur atas persetujuan rekomendasi proses naturalisasi yang diberikan Komisi X dan Komisi III kepada Calvin Verdonk dan Jens Raven.

BACA JUGA:Telan Kekalahan 3 Kali Beruntun Tim Sepak Bola Wanita U-17 Indonesia, Pelatih Asal Jepang Bilang Begini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: