Sukses Di 3 Zona, Bupati OKU Timur Lanosin Resmi Tutup Bimtek Peningkatan Kapasitas SDM Satlinmas

Sukses Di 3 Zona, Bupati OKU Timur Lanosin Resmi Tutup Bimtek Peningkatan Kapasitas SDM Satlinmas

//Bupati OKU Timur Ir. H. Lanosin, M.T resmi membuka Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas SDM Satlinmas Desa dan Kelurahan Kabupaten OKU Timur Tahun 2024 untuk Zona III Martapura--

MARTAPURA,OKUTIMURPOS.COM - Ditandai dengan pemasangan kartu peserta, Bupati OKU Timur Ir. H. Lanosin, M.T resmi membuka Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas SDM Satlinmas Desa dan Kelurahan Kabupaten OKU Timur Tahun 2024 untuk Zona III Martapura.

Bimbingan Teknis yang diikuti oleh peserta sebanyak 2.178 orang anggota Satlinmas Desa dan Kelurahan ini terbagi menjadi 3 zona dimana Kecamatan Martapura merupakan Zona terakhir sekaligus dilaksanakan acara penutupan, Jum'at, 9 Februari 2024.

Dalam kesempatan itu, Bupati didampingi oleh Kasat Pol PP Drs. Vikron, M.M., Kepala BKPSDM Sutikman, S.Pd. M.M., Kepala Diskominfo Hj. Sri Suhartati, S.E. M.M., Kepala Kesbangpol Faizal, SKM. M.M., dan Camat Martapura Herlius, S.Sos., M.Si. Turut hadir Anggota KPU, Bawaslu, Unsur Forkopimda dan Forkopimda Plus OKU Timur.

Dalam laporannya, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Drs. Vikron, M.M. menyampaikan, "Maksud dan tujuan kegiatan ini dalam rangka implementasi penyelenggaraan ketertiban umum dan ketertiban masyarakat serta perlindungan masyarakat di Kabupaten OKU Timur dan upaya meningkatkan kemampuan Satlinmas dalam menjalankan peran, fungsi, tugas dan tanggung jawab".

BACA JUGA:KPU OKU Timur Mulai Distribusikan Logistik Pemilu, 11 Februari 2024 Linmas Diaktifkan

Drs. Vikron juga menjelaskan bahwa kegiatan Bimtek tersebut dilaksanakan pada tanggal 7, 8, dan 9 Februari 2024 yang terbaik menjadi tiga zona, yaitu Zona 1 Belitang , Zona 2 Semendawai Barat, dan Zona 3 Martapura serta Pembukaan hari ini dilaksanakan sekaligus dengan penutupan di Balai Rakyat Setda OKU Timur.

Sementara itu, Bupati OKU Timur Ir. H. Lanosin, M.T mengatakan, Satlinmas merupakan tugas mulia. Saya pun bangga ketika mengenakan seragam Satlinmas, penuh wibawa.

Satlinmas harus sukses membantu penyelenggara pemilu yaitu KPU dan Bawaslu, dibantu juga oleh Personil TNI Polri, namun garda terdepannya adalah Satlinmas.

"Artinya Satlinmas harus berkoordinasi dengan TNI Polri dalam pengamanan ketertiban pemilu dan pilkada 2024", ujarnya.

Dalam Bimbingan dan Arahannya itu, Bupati Enos mengatakan, Perkembangan dinamika politik yang diperkirakan akan terus meningkat menjelang Pemilu dan Pilkada tahun 2024.

"Maka Satlinmas yang telah saya Lantik dan diambil sumpahnya diharapkan dapat berpartisipasi dalam mendukung kelancaran proses Pemilu dan Pilkada 2024 ini", ujarnya.

Ia menyampaikan, berdasarkan Permendagri Nomor 10 Tahun 2009 Tentang Penugasan Satlinmas Dalam Penanganan Ketentraman, Ketertiban dan Keamanan penyelenggaraan pemilu.

BACA JUGA:Jelang Pemilu 2024 Polres OKU Timur Gelar Apel Siapkan 446 Pam TPS

Satlinmas memiliki tanggung jawab besar dalam menjaga keamanan termasuk di TPS dan Pengawalan Logistik, baik di Pos maupun saat penghitungan suara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: