Wajah Terlihat Tua? Ini Penyebab Terjadinya Penuaan Dini, Kamu Harus Jauhi Jika Ingin Terlihat Awet Muda

Wajah Terlihat Tua? Ini Penyebab Terjadinya Penuaan Dini, Kamu Harus Jauhi Jika Ingin Terlihat Awet Muda

Beberapa faktor yang diketahui dapat menyebabkan penuaan--

OKUTIMURPOS.COM --Semua orang menginginkan kulit yang sehat namun tanpa di sadari dengan adanya beberapa faktor membuat sebagian orang mengalami penuaan dini dengan proses yang cepat sehingga penuaan dini sulit untuk di kendalikan.

Penuaan dini yaitu proses penuaan yang terjadi sebelum waktunya. Biasanya, penuaan terjadi secara bertahap seiring dengan bertambahnya usia. 

Namun, dalam beberapa kasus, penuaan dapat terjadi lebih awal dari yang diharapkan.

Penuaan dini dapat mempengaruhi penampilan fisik seseorang, seperti timbulnya keriput, garis-garis halus, kulit kering atau kusam, serta munculnya bintik-bintik penuaan.

penyebab penuaan dini tidak hanya usia dan hormon saja ada beberapa faktor lainnya yang dapat memicu penuaan dini terjadi lebih cepat.

Beberapa faktor yang diketahui dapat menyebabkan penuaan dini meliputi:

BACA JUGA:Cara Menghilangkan Komedo, Hanya dengan Putih Telur dan Tissue Kulit Jadi Bersih Alami

1. Paparan sinar matahari berlebihan

Paparan sinar ultraviolet (UV) dari sinar matahari atau tanning bed dapat merusak kulit dan menyebabkan kerusakan kolagen, yaitu protein yang memberikan kekuatan dan elastisitas pada kulit sehingga menimbulkan keriputan serta penuaan dini. 

Oleh karena itu, pemaparan berlebihan terhadap sinar UV tanpa penggunaan tabir surya yang memadai dapat mempercepat proses penuaan kulit.

2. Kebiasaan merokok

Rokok mengandung berbagai zat kimia yang merusak kesehatan tubuh, termasuk kulit. Nikotin mempersempit pembuluh darah, mengurangi pasokan darah ke kulit, dan mengurangi oksigen serta nutrisi yang dibutuhkan.

Sehingga merokok dapat mempercepat proses penuaan kulit. Selain itu, asap rokok juga dapat menyebabkan kerusakan kolagen dan elastin, yang menyebabkan kulit rugi elastisitas, keriput dan tampak kendur.

3. Stres

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: