Tidak Sama HIV dan AIDS, Ini Perbedaannya dan Cara Pencegahannya

Tidak Sama HIV dan AIDS, Ini Perbedaannya dan Cara Pencegahannya

Ilustrasi--

OKUTIMURPOS.COM - Kasus HIV/AIDS yang terus meningkat belakangan perlu perhatian khusus, data dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sumatera Selatan, mencatat penderita HIV/AIDS terbanyak di Kota Palembang.

Dari data di Provinsi Sumatera Selatan terdapat 680 kasus HIV/AIDS sampai dengan Oktober 2023.

Sebenarnya beberapa orang beranggapan bahwa HIV dan AIDS merupakan penyakit yang sama. Sebenarnya walaupun berkaitan tetapi ini berbeda.

Untuk perbedaan HIV dan AIDS adalah, HIV merupan virus yang menyerang kekebalan tubuh sedangkan AIDS merupakan kondisi akibat infeksi HIV.

HIV merupakan singkatan Human Immunodeficiency Virus yang menyerang sel darah putih dan sistem kekebalan tubuh, sehingga tubuh mudah terserang penyakit.

Jika orang terkena virus HIV dan tidak dapat penanganan yang tepat maka lama-kelamaan akan memicu terjadinya AIDS.

BACA JUGA:Palembang Tertinggi Kasus HIV/AIDS, OKU Timur Nomor Berapa ya? Cek Disini

Jadi penderita AIDS pasti menderita HIV sedangkan, tidak semua penderita HIV menderita AIDS. Sebab ada beberapa pengobatan yang dapat memperlambat perkembangan virus dalam tubuh, sehingga HIV tidak berkembang menjadi AIDS.

Istilah AIDS merupakan infeksi HIV  yang sudah cukup parah, karena AIDS merupakan HIV yang telah menimbulkan kerusakan pada imun dan gejalanya berbeda-beda pada setiap penderita.

Mengkonsumsi obat antiretroviral tidak dapat menyembuhkan infeksi HIV, hanya dapat mencegah agar orang tersebut tidak dalam kondisi AIDS bagi yang positif HIV.

Meski istilah HIV dan AIDS berbeda, langkah pencegahan terhadap keduanya hampir sama. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah HIV dan AIDS:

1. Gunakan kondom saat berhubungan seksual.

BACA JUGA:Mengapa Massa Membludak Jejali Pengajian Gus Iqdam di Pendopo Milik Soimah, Sampai Ada yang Pingsan?

Virus HIV dapat ditularkan melalui cairan yang ada ditubuh seperti darah, sperma, cairan vagina, dan ASI. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: