Wow! Tiga Desa ini Jadi Kawasan Industri, OKU Timur Siapkan 540 Hektar

Wow! Tiga Desa ini Jadi Kawasan Industri, OKU Timur Siapkan 540 Hektar

FOTO : DEO/OKUTPOS //Maryus Markus--

Tiga desa dipersiapkan untuk jadi kawasan Industri di OKU Timur

MARTAPURA,OKUTIMURPOS - Tiga Desa Keromongan, Suko Mulyo dan Kota Baru Selatan di Kecamatan Martapura, Kabupaten OKU Timur jadi Kawasan Industri.

Bahkan, Kabupaten OKU Timur Sumatera Selatan telah menyiapkan cadangan kawasan industri. Luasnya sekitar 540 hektar.

Kepala Bappeda dan Litbang Kabupaten OKU Timur, Maryus Markus mengatakan 500an hektar lahan cadangan kawasan industri itu, saat ini masih milik warga.

Pihaknya akan mulai melakukan pembebasan tahun 2024 mendatang. "Rencananya 2024 mulai pemebebasan lahan, namun secara bertahap. Menyesuaikan dengan kondisi anggaran," kata Maryus.

Dia mengatakan rencana menyediakan kawasan industri ini sudah lama, namun baru disahkan perdanya tahun 2021 lalu. "OKU Timur ini merupakan daerah penghasil. Mulai dari penghasil perkebunan, pertanian, hortikultura, perikanan, sementara pabrik belum ada. Makanya kita siapkan kawasan industri," katanya.

BACA JUGA:Ini Prakiraan Hilal Bulan Jumadilawal 1445 Hijriyah

Dia mengatakan kawasan industri tersebut dibagi dua, di Desa Keromongan dan Suko Mulyo itu diperuntukan kawasan industri bidang makanan (food).

Sementara di Kota Baru Selatan akan menjadi kawasan industri bidang energi.

"Kalau di kawasan food itu sudah ada yang investasi pabrik sawit CPO mini. Di kawasan energi rencananya akan dibuka tempat stockfile atau tempat bongkar muat batu bara. Bisa juga menjadi ceck poin batu bara dari Sumsel yang ingin keluar Sumsel" katanya.

Dia mengatakan, lokasi kawasan industri dinilai strategis, sebab dengan dengan rel kereta api, kemudian dengan jalan Lintas Sumatera.

BACA JUGA:BPBD OKU Timur Gelar Sosialisasi Komunikasi Informasi dan Edukasi Rawan Bencana

Pertimbangan memilih di Martapura, karena dekat jalur kereta api, dekat dengan jalan alteri lintas sumatera, dan juga Martapura merupakan gerbang masuk keluar masuk Sumsel," pungkasnya. (clau)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: