Rekomendasi Petugas POPT Untuk Pengendalian Hama Keong Mas Terhadap Padi Baru Tanam

Rekomendasi Petugas POPT Untuk Pengendalian Hama Keong Mas Terhadap Padi Baru Tanam

Foto : Bptph Sumsel - Hama Keong Mas Pada Padi Usia Muda--

OKUTIMURPOS - Petugas monitoring POPT kembali giat rutin pengecekan terhadap tanaman Padi yang masih muda atau baru tanam.

Monitoring Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT) pada pertanaman padi oleh Petugas POPT yang beranggotakan Frenti Anggraini, SP dan Nadila Dwi Lestari, SP di Kelompok Tani Karya Mandiri Kelurahan Petanang Ilir Kecamatan Lubuk Linggau Utara I Kota Lubuk Linggau Provinsi Sumatera Selatan.

Adapun pengecekan tersebut untuk pengendalian organisme pengganggu tumbuhan seperti keong mas yang merupakan salah satu hama menyerang tanaman padi berusia muda atau baru tanam.

Hama Keong mas ini memakan daun tanaman sehingga jaringan tanaman rusak dan menyebabkan tanaman gagal untuk tumbuh dan berkembang. Dari hasil pengamatan Senin, 23 Oktober 2023, OPT yang ditemukan yaitu Keong Mas dengan luas serangan 0,5 Ha intensitas 2,% dari Luas hamparan 20 Ha dengan umur tanaman 14-28 hst dan varietas yang ditanam adalah Inpari 32, Ciherang dan Mekongga.

Sedangkan musuh alami yang ditemukan yaitu Laba-laba, Paederus, Coccinelidae dan Capung. Oleh sebab itu Petugas POPT selalu merekomendasikan menerapkannya pada budidaya tanaman sehat.

Berikut rekomendasi pengendalian hamanya dari petugas POPT :

1. Pengendalian secara mekanik dengan cara mengumpulkan kelompok telur dan keong mas lalu dimusnahkan.

2. Lakukan pengurangan air pada petakan sawah.

3. Jika intensitas serangan meningkat, segera lakukan pengendalian menggunakan Moluskisida berbahan aktif Fetin asetat dengan prinsip 6 tepat.

4. Sanitasi lingkungan.

5. Pemupukan berimbang.

6. Pengamatan intensif untuk memantau perkembangan OPT. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: