Kepala LAN RI Sebut BPSDM Sumsel Sangat Layak Jadi Pusat Pengembangan Kompetensi ASN di Sumatera

Kepala LAN RI Sebut BPSDM Sumsel Sangat Layak Jadi Pusat Pengembangan Kompetensi ASN di Sumatera

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) setempat menggelar Rapat Koordinasi (Rakor)) Pengembangan Kompetensi SDM Aparatur Se- Sumsel Tahun 2023--

PALEMBANG,OKUTIMURPOS - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) setempat menggelar Rapat Koordinasi (Rakor)) Pengembangan Kompetensi SDM Aparatur Se- Sumsel Tahun 2023, dihadiri Gubernur H Herman Deru dan Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI Dr. Adi Suryanto bertempat di Aula BPSDMD Provinsi Sumsel, Senin (11/9).

Rakor ini bertujuan melakukan identifikasi kebutuhan pengembangan kompetensi Aparatur Sipil Negara (ASN) se- Provinsi Sumsel guna menuju sinergitas pengembangan kompetensi ASN terintegrasi melalui Coorporate University guna mewujudkan “Sumsel Maju untuk Semua” menuju ASN Sumsel Berkelas Dunia.

Dalam paparannya Kepala LAN RI Dr. Adi Suryanto mengatakan, BPSDM harus mendapatkan perhatian serius Presiden Jokowi dimana pada pidato kenegaraannya pada 16 Agustus 2019 yang lalu, telah menegaskan Lembaga Pendidikan dan Pelatihan harus didukung untuk melakukan pembenahan secara besar-besaran.

ASN Indonesia berhak mendapatkan proses pembelajaran terbaik dari sumber terbaik, Setiap pegawai ASN wajib aktif belajar secara terus menerus untuk mengembangkan kompetensi dan mengoptimalkan kapasitasnya secara berkelanjutan,” tuturnya.

Menurutnya, untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan kolaborasi dari semua stakeholder mitra BPSDM seperti kepala daerah, LAN, Kemendagri dan pihak terkait lainnya.

“Kita mendorong agar BPSDM Sumsel terus berbenah menjadi contoh pemenuhan hak pengembangan kompetensi ASN,” ungkapnya.

BACA JUGA:Gubernur Herman Deru Resmi Kukuhkan Kepala BPKP Provinsi Sumsel yang Baru Sofyan Antonius

Sementara Gubernur Herman Deru menegaskan dalam mencetak Sumber Daya Manusia yang handal tidak gampang maka dibutuhkan pendidikan dan latihan (Diklat).

"Dalam melakukan kinerja yang aktif diperlukannya diklat atau sejenisnya berdasarkan kebutuhan organisasi perangkat daerah (OPD) setiap provinsi kabupaten/kota," katanya Herman Deru berharap, transformasi SDM aparatur melalui pengembangan kompetensi, tidak hanya membentuk orang yang cerdas dan pandai saja, namun membentuk karakter SDM aparatur itu sendiri.

Herman Deru menyambut baik dan mendukung penuh harapan dari Kepala LAN yang mendoakan BPSDM Provinsi Sumsel untuk menjadi epicentrum bagi pendidikan SDM.

"Provinsi Sumsel sangat memenuhi kriteria, dimana provinsi tertua di Sumabgsel dan mempunyai sarana dan prasarana yang memadai," tambahnya.

BACA JUGA:Herman Deru Letakan Batu Pertama Gedung Madrasah Aliyah Al- Minhajul Islamiyah Pulo Keto Gandus

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: