Ini Dia Rekomendasi Forum Lalulintas Soal Angkutan Batubara yang Melintasi OKU

Ini Dia Rekomendasi Forum Lalulintas Soal Angkutan Batubara yang Melintasi OKU

Suasana rapat Forum Lalulintas membahas masalah angkutan Batubara yang melintasi Kabupaten OKU-ist-wa japri

BATURAJA,OKUTIMURPOS-Pasca pembubaran aksi penghadangan truk angkutan Batubara beberapa hari lalu di jalan lintas Tugu Adipura OKU oleh Polres OKU, terjadi pertemuan.

Forum Lalulintas menggelar pertemuan dengan perwakilan LSM dan beberapa jurnalis, Jumat (11/8/2023) di Polres OKU yang dipimpin oleh Kabag Ops Polres OKU Kompol Liswan Nurhafis dan Kasat Lantas, AKP Dwi Karti Astuti.

Hasilnya, rapat memutuskan bahwanya Forum Lalulintas Kabupaten Ogan Komering Ulu akan membuat beberapa rekomendasi, yakni:

1. Membuat surat teguran yang ditujukan kepada pelaku usaha Angkutan Batubara yang melintasi Kabupaten OKU, bahwasanya para truk angkutan Batubara dilarang kompoi rapat atau tidak berjarak.

2. Angkutan Batubara harus memberikan jarak atau ruang bagi pengendara lain agar bisa mendahului.

3. Angkutan Batubara hanya boleh beroperasi pada malam hari dari pukul 21.00 WIB hingga pukul 05.00 WIB pagi setiap harinya.

4. Muatan atau isi angkutan Batubara tidak boleh melebihi tonase atau muatan harus sesuai yang tertera di buku KIR.

5. Teguran ini juga akan ditembuskan kepada Dinas Perhubungan Kabupaten OKU.

6. Forum lalulintas bekerjasama dengan instansi terkait akan melakukan pengawasan dan penindakan di lapangan bagi pelaku usaha angkutan Batubara yang melanggar.

Kapolres OKU AKBP Arif Harsono SIK MH ketika dikonfirmasi melalui Kasi Humas, AKP Budi Santoso mengaku belum mengetahui alias belum mendapatkan laporan soal hasil keputusan rapat.

“Belum ada laporannya bro. Nanti kalau ada kita 87-kan,” ujar Budi Santoso.

Namun, ketika penulis kirim WA hasil keputusan rapat Forum Lalulintas, Budi Santoso masih mau klarifikasi dulu ke Kabag Ops Polres OKU Kompol Liswan Nurhafis.

“Nanti saya klarifikasikan ke Pak Kabag Ops bro,” tambah Budi Santoso.

Seperti informasi sebelumnya, masyarakat OKU dan pemuda yang tergabung dalam Aliansi atau Forum Masyarakat Peduli OKU menghadang truk angkutan Batubara yang melintasi Kabupaten OKU.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: liputan