Festival Anjungan dan Pekan Adat, Kabupaten OKU Juara Pertama Kategori Anjungan

Festival Anjungan dan Pekan Adat, Kabupaten OKU Juara Pertama Kategori Anjungan

Hj Feby Herman Deru foto bersama istri Pj Bupati OKU dan rombongan-baik-humas sumsel

PALEMBANG-Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) meraih Juara I (Pertama) kategori Anjungan/Rumah Adat pada Festival Anjungan dan Pekan Adat ke-4 Tahun 2023 di Gedung Dekranasda, Jaka Baring, Palembang.

Festival Anjungan Dekranasda Jakabaring Palembang, Sabtu (5/8) petang, secara resmi ditutup oleh Gubernur H Herman Deru diwakili Asisten Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Sumsel, Edward Candra. Dalam penutupan Festival anjungan tersebut juga dihadiri Ketua Dekranasda Sumsel Hj Febrita Lustia HD.

Feby Deru menyebutkan tujuan dari Festival tersebut adalah memberikan edukasi dan informasi yang akurat terkait adat istiadat dan budaya asli Sumsel. Selain itu juga bertujuan menghidupkan kembali berbagai kearifan lokal melalui rumah adat dan anjungan Kabupaten/kota yang ada di Bumi Sriwijaya.

"Kami mengharapkan semua pihak terlibat memelihara anjungan ini, agar tetap terpelihara. Untuk di perkenalkan kepada generasi muda agar mereka tau adat dan budaya di Sumsel ini sangat banyak dan beragam," ucap Feby.

Sementara itu GubernurH Herman Deru dalam sambutan tertulisya yang bacakan , Edward Candra menegaskan pengembangan wisata dan budaya memerlukan sentuhan.

"Budaya yang berada di anjungan merupakan miniatur. Kalau kita lihat seluruh kabupaten/kota ada rumah adat. Hal ini bukti bahwa Sumsel mempunyai adat istiadat yang beragam dan perlu dipelihara," katanya.

Lebih lanjut Edward menegaskan, Gubernur Herman Deru sangat mengapresiasi digelarnya Festival Anjungan dan Pekan Adat yang telah berjalan dengan sukses.

"Pak Gubernur Herman Deru mengapresiasi Dekranasda Sumsel dan Kabupaten/Kota yang telah mengangkat adat istiadat melalui anjungan yang ada di Sumsel," tutupnya.

Dalam penutupan Festival kali ini dibagikan berbagai hadiah bagi pemenang masing-masing pemenang kategori Anjungan/Rumah Adat, Juara Pertama Kabupaten OKU, Kedua Kabupaten Lahat, Ketiga Kabupaten Muara Enim.

Juara Keempat Kabupaten OKI, Kelima Kabupaten Musi Rawas dan Keenam Kabupaten OKU Selatan. Sementara untuk Kategori Anjungan Terfavorit Kabupaten Ogan Ilir.

Kemudikan Kategori Kuliner dimenangkan oleh Kabupaten Musi Banyuasin sebagai juara pertama. Di posisi kedua Kabupaten Empat Lawang, juara ketiga Kota Pagaralam, Keempat Kabupaten Muratara dan Kelima Kabupaten Banyuasin. (*/hum)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: rilis