Mau Lengkeng Berbuah Sepanjang Tahun, Ini Rahasianya

Mau Lengkeng Berbuah Sepanjang Tahun, Ini Rahasianya

Buah Lengkeng yang dibungkus dengan kain waring yang dijahit-ist-liputan

BATURAJA,OKUTIMURPOS-Kenapa Lengkeng di Alpha Garden bisa berbuah sepanjang tahun? Tentu bagi ahli pertanian dan yang mengerti konsep rekayasa pembuahan dalam pertanian, ini bukanlah sesuatu yang asing.

Tetapi untuk masyarakat awam/umum pasti heran. Kok bisa ada panen Kelengkeng/Lengkeng hampir sepanjang tahun.

Di kebun Lengkeng Alpha Garden Batu Kuning, memang ada konsep rekayasa pembuahan itu. Sebanyak 150 batang Lengkeng tidak semuanya berbuah.

Ada sistem rotasi dalam pembuahan dan harus dengan teknik yang tepat.

"Pembuahannya diatur secara bergilir atau rotasi. Tidak semuanya berbuah atau pembauahan. Bisa saja semuanya berbuah, tapi repot pak," ujar Diki.

Soalnya itu tadi, kata Diki, perawatan Lengkeng tidak semudah yang dibayangkan. Tanaman ini tergolong manja, membutuhkan ketelatenan.

BACA JUGA:ITO, Lengkeng Baturaja Buah Sepanjang Tahun, Bibitnya Sampai ke Mendagri

"Lagian kalau pembuahannya serentak, artinya dalam setahun hanya sekali panen, sedangkan kita harus menjaga ketersediaan sepanjang tahun," tambah Diki.

Sehingga dari 150 batang Lengkeng dibagi 15. Jadi dalam sekali pembuahan ada 10 batang Lengkeng yang berbuah, dan dijamin hampir sepanjang tahun Alpha Garden panen buah Lengkeng.

Caranya? Setelah ditentukan batang Lengkeng mana saja yang akan 'dipaksa' berbuah, ditaburkan atau disebarkan zat perangsang buah (organik).

Perangsang buah ini racikan sendiri ala Alpha Garden. Bahannya terdiri atas beragam rempah-rempah dengan komposisi tertentu dan diolah sendiri.

Sebentar lagi Lengkeng ini akan panen

 

"Perangsang buah kita tabur atau sebar di bawah pohon dengan menggali tipis di sekeliling pohon," kata Diki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: liputan