ITO, Lengkeng Baturaja Buah Sepanjang Tahun, Bibitnya Sampai ke Mendagri

ITO, Lengkeng Baturaja Buah Sepanjang Tahun, Bibitnya Sampai ke Mendagri

Lengkeng yang berbuah lebat lagi manis, akhir bulan ini bisa anda nikmati-ist-liputan

BATURAJA,OKUTIMURPOS-Sebutan Lengkeng ini sepintas unik, mirip panggilan untuk perempuan Medan, Sumatera Utara. Ya, Lengkeng (Kelengkeng) ITO.

Saya sering mendengar teman-teman asal Medan ketika memanggil perempuan Batak yang lebih tua darinya dengan sebutan ITO.

"Apa bibitnya dari Medan. Bukan, dari Jawa Pak," kata Diki, si kembaran Dika, putra yang merawat perkebunan Lengkeng ini.

Anak gadis dan isteri saya sudah lama ingin mengunjungi perkebunan Lengkeng terluas di Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu ini. Namun, baru Minggu, 2 Juli 2023 kami sempat ke sana.

Di sudut kota, wilayah Kelurahan Batu Kuning Kecamatan Baturaja Barat. Sederhana konsepnya, tempatnya tak jauh dari Kota Baturaja, OKU.

BACA JUGA:BIKIN MERINDING! Hutan Alas Purwo Tercatat Salah Satu Hutan Angker di Indonesia, Cek Ulasannya

Sekitar 10 Km dari kota Baturaja. Lokasinya tak jauh dari perumahan SION, tapi akses ke sana sedikit melingkar melewati Talang Aman, masuk dari depan kantor Polres OKU.

Sebetulnya aksesnya lebih dekat dari jalan cor Beton lingkar Kurup, tapi mengingat jalan cor beton ini hancur berlubang, sulit untuk dilewati.

"Oh ini. Alpha Garden, tahu saya," kata si bungsu anak gadis kami.

Tak tik, si bungsu menchat teman SDnya itu, lalu keluar ibu ibu membukakan pintu pagar kawat.

Rupanya, kebun Kelengkeng Baturaja, milik salah seorang karyawan PT Semen Baturaja (Yogi). Anaknya si Alphad, teman satu SD dengan si bungsu kami.

Penulis dan Diki, si kembaran Dika

 

"Waduh, buahnya pada belum banyak yang mateng buk. Mungkin akhir bulan ini baru siap (mateng). Baru saja habis diborong ibu ibu dari kabupaten, katanya ada acara," ujar ibunya Diki si penjaga kebun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: liputan