Rupanya Ini yang Jadi Daya Tarik Sungai Komering Masa Kerajaan Sriwijaya, Bikin Kagum!

Rupanya Ini yang Jadi Daya Tarik Sungai Komering Masa Kerajaan Sriwijaya, Bikin Kagum!

Ilustrasi-ist-net--

MARTAPURA, OKUTIMURPOS.COM – Sriwijaya merupakan kerajaan besar pada masanya. Dimana Sriwijaya adalah kerajaan yang berdiri di Pulau Sumatera sejak abad ke-6 hingga abad ke-12. Kehadirannya banyak memberi pengaruh pada perkembangan sejarah Asia Tenggara.

BACA JUGA:Tampil Elegan, Ada 10 Pilihan Warna, New Honda BeAT 2023 150 CC Bikin Gagah

Ternyata, Sriwijaya juga meninggalkan jejak di tanah Komering ini. Ingin tahu ceritanya, simak artikel berikut ini.

Dikutip okutimurpos.com dari YouTube Tiga Lelaki menyebutkan, dengan daerah kekuasaan berdasarkan peta, membentang dari kepulan Sumatera, Kepulauan Riau, Bangka Belitung, Singapura, Semenanjung Malaya, Tahiland, Kamboja, Vietnam, Selatan, Kalimantan, Jawa Barat dan Jawa Tengah.

BACA JUGA:Ini Cara Cek Tarif Tol, Agar Mudik Lebih Siap dan Nyaman!

Jika ditelisik dalam bahasa Sangsekerta, Sri bearti bercahaya atau gemilang, dan wijaya bearti kemenangan atau kejayaan, maka Sriwijaya adalah kemenangan yang gilang gemilang. Kita ketahui bahwa Sriwijaya meruapakan kerajaan Bahari yang pernah berdiri di Pulau Sumatera, dan banyak memberi pengaruh di Asia Tenggara.

BACA JUGA:KEREN Nih! Hanya Baca Novel Saja, Saldo DANA Gratis Rp100.000 Bisa Ngalir Setiap Hari

Untuk loaksi ibu kota, diduga teletak dekat dengan Kota Palembang yang berdampingan dengan Sungai Musi. Diketahui bahwa Sriwijaya tersdiri dari beberapa pelabuhan yang saling berhubungan antara selat Malaka, nah OKU Timur sendiri pada masa Klasik Hindu Budha wilayah OKU Timur terkait dengan Prasasti Kedukan Bukit pada tahun 682 Masehi.

BACA JUGA:Berhasil Syiarkan Islam Melalui Program Rumah Tahfidz, Herman Deru Raih Penghargaan

Dimana Prasasti yang ditulis dalam aksara Palawa dan bahasa Melayu Kuno itu menceritakan perjalanan Rasa Sriwijaya Dapunta Hyang dan pasukannya di sebuah tempat yang bernama Minanga, dalam prasasti tersebut menerangkan bahwa Dapunta Hyang melakukan perjalanan suci dengan menggunakan perahu, ia berangkat dari Minanga Tawam yang membawa 20 ribu pasukan hingga di Upang Palembang.

BACA JUGA:Sambut Ramadhan, Aura Steam Bagikan Sembako Untuk Puluhan Karyawan

Diceritakan bahwa banyak yang berspekulasi bahwa Kerajaan Sriwijaya bermula dari Minanga. Dimana pada abad ke-6 daerah Minanga hingga ke Selat Bangka merupakan rawa-rawa yang dalam dan mengering akibat panasnya bumi yang pada masa itu, sebagian penduduk terkonsentrasi di perbukitan dan goa-goa, salah satunya peradaban Sekala Brak, Pasemah, dan Ogan yang berdiam dalam goa.   

BACA JUGA:Nah Ini Dia, Rekomendasi Game Penghasil Saldo DANA, Bisa Dapat Cuan Tiap Hari Lho!

Sungai Komering Sendiri bermuara di Sungai Musi Plaju, posisina lebih awal jika dihitung dari Selat Bangka, dibandingkan muara-muara sungai lainnya seperti Ogan, Lematang, Lintang dan lainnya. Muara Komering siapun akan tertarik dengan arus Sungai Komering, dari posisi tersebut, tidak menutup kemungkinan Sriwijayapun memasuki Sungai Ogan, karena di kawasan Cempaka ada pertemuan Sungai Komering dan Sungai Ogan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: