Gubernur Herman Deru Resmi Buka Lomba Desa se- OKU Timur di Desa Nirwana

Gubernur Herman Deru Resmi Buka Lomba Desa se- OKU Timur di Desa Nirwana

- Dalam rangkaian kunjungan kerjanya ke Kabupaten OKU Timur, Gubernur Sumsel H. Herman Deru membuka secara resmi Lomba Desa Tingkat Kabupaten OKU Timur di Desa Nirwana, Kecamatan Semendawai Timur Kabupaten OKU Timur, Minggu (12/3) siang. Foto: Humas Pempr--

MARTAPURA, OKUTIMURPOS.COM - Dalam rangkaian kunjungan kerjanya ke Kabupaten OKU Timur, Gubernur Sumsel H. Herman Deru membuka secara resmi Lomba Desa Tingkat Kabupaten OKU Timur di Desa Nirwana, Kecamatan Semendawai Timur Kabupaten OKU Timur, Minggu (12/3) siang. 

Melalui Lomba Desa, Gubernur Herman Deru berupaya meningkatkan kualitas pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat desa dan kelurahan.

Selain itu melalui lomba ini juga diharapkan dapat semakin memotivasi warga menjaga kelestarian olahraga rekreasi masyarakat dan kearifan lokal. Hal ini penting guna menyiapkan generasi Sumsel yang sehat dan berkualitas menghadapi bonus demografi 20-30 tahun kedepan. 

Untuk itu Gubernur Herman Deru meminta lomba ini tidak hanya dijadikan ritual tahunan semata. Namun harus menjadikan momen ini sebagai waktunya menunjukkan potensi masing-masing desa di bidang pemerintahan, pelayanan dan lainnya. 

"Saya minta lombanya jangan itu saja tapi ditambah juga dengan lomba olahraga tradisional dari desa masing-masing. Keraifan lokal ini harus kita jaga sehingga anak-anak antusias ikut lomba dan tidak ketergantungan dengan gadget yang membuat mereka kurang peduli dengan sekitar," jelasnya. 

Lomba Desa ini jelas Gubernur Herman Deru merupakan  suatu upaya penilaian tingkat penyelengaraan pemerintahan, kewilayahan, dan kemasyarakatan, dan untuk mengetahui efektivitas dan status perkembangan serta tahapan kemajuan, kemandirian, keberlanjutan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Desa, secara berjenjang dan berkelanjutan yang dimulai dari tingkat Kecamatan, Kabupaten/Kota dan Provinsi serta Tingkat Reional Pusat (Nasional). 

Salah satu tujuannya adalah mendorong dan memberikan motivasi kepada pemerintah desa dan kelurahan berserta masyarakat untuk berlomba dan bersaing secara sportif dan positif dalam meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat desa dan kelurahan. 

Sementara itu Bupati OKU Timur Ir. H. Lanosin mengatakan pihaknya memohon doa semua pihak agar launching lomba desa di OKU Timur ini dapat berjalan lancar dan menghasilkan manfaat bagi kemajuan desa dan kelurahan di Kab OKU Timur. 

Menurutnya lomba ini digelar agar tiap-tiap desa di OKUT dapat meningkatkan pembangunan dan pelayanannya kepada masyarakat sehingga mendukung Kabupaten OKU Timur yang semakin maju.  Hadir dalam kesempatan tersebut Ketua KORMI Sumsel Hj. Samantha Tivani B.Bus. M.IB, Bupati OKU Timur Ir. H. Lanosin, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Sumsel, Ir. Ruzuan Effendi, MM dan sejumlah Kepala OPD di lingkungan Pemprov Sumsel serta Kepala OPD di lingkungan Pemkab OKU Timur.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: