Ajang Kriya Sriwijaya Fashion Parade, Ini yang Bikin Kagum dr Sheila Noberta

Ajang Kriya Sriwijaya Fashion Parade, Ini yang Bikin Kagum dr Sheila Noberta

Di hari kedua Rakon PKK dan Rakerda Dekranasda memperingati HKG Ke 51 Tahun 2023, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten OKU Timur dr Sheila Noberta, SpA MKes mengikuti Rangkaian Rapat Kerja Daerah Dekranasda Se-Sumatera Selatan hingga malam penutupan (closin--

MARTAPURA, OKUITMURPOS.COM - Di hari kedua Rakon PKK dan Rakerda Dekranasda memperingati HKG Ke 51 Tahun 2023, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten OKU Timur dr Sheila Noberta, SpA MKes mengikuti Rangkaian Rapat Kerja Daerah Dekranasda Se-Sumatera Selatan hingga malam penutupan (closing ceremony), di Ballroom Hotel Aryaduta Palembang, Rabu, 9 Maret 2023.

Acara Rakerda Dekranasda diawali dengan pemaparan materi oleh Ketua Bidang Program yang disampaikan oleh Kepala Dinas Koperasi didampingi Kepala Dinas Perindustrian, Kepala Dinas Pariwisata, Kepala Dinas Perdagangan dan Kepala Badan Litbangda.

Dilanjutkan dengan Seminar Capacity Building Tren Warna dan Style Fashion. Malam penutupan (closing ceremony) dimulai dengan penampilan Tari Tenun Songket dari Sanggar Cempako dibawah binaan Hj. Febrita Lustia Herman Deru.

Di sela Acara juga diberikan penghargaan Dekranasda Awards kepada Budayawan dan Seniman di Sumatera Selatan. Dalam laporannya, Ketua Harian Dekranasda Hj. Mega Nugraha menyampaikan, Rakerda Dekranasda Tahun 2023 ini mengambil tema Wirausaha Baru, Tercipta Pengrajin Budaya. "Tujuannya adalah meningkatkan koordinasi dan sinergi tupoksi Dekranasda Sumsel dengan Dekranasda Kabupaten Kota untuk pembinaan pengrajin," katanya.

Dalam arahan dan bimbingannya, Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru mengatakan, Dekranasda harus mampu berkompetisi dengan para pelaku usaha yang memang telah terjun ke bisnis kerajinan ini. "Semua hal yang menjadi kendala harus kita jadikan semangat dan berkreasi sehingga dapat membuat bangga masyarakat Sumatera Selatan," tegasnya.

Saat diwawancarai terkait Kain Bidak Komering, Hj Febrita HD selalu Ketua Dekranasda Sumatera Selatan mengaku bangga dengan adanya Kain Bidak khas Komering yang dipamerkan. Hj Feby Herman Deru mendukung penuh agar Kain Bidak dapat dipatenkan menjadi kekayaan wastra Kabupaten OKU Timur. Sementara itu, Ketua Dekranasda OKU Timur dr. Sheila Noberta, SpA. MKes mengatakan, Acara ini begitu luar biasa, menampilkan berbagai karya kerajinan kain dari Kabupaten Kota Se-Sumatera Selatan.

"Kriya Sriwijaya Fashion Parade yang menyugukan Desain-Desain terbaik dari kain khas di Sumatera Selatan juga begitu memanjakan mata penonton," ujarnya.

Menanggapi intruksi Ketua Dekranasda Provinsi Sumatera Selatan terkait Kain Bidak Komering dr Sheila siap untuk mengawal proses penelitian dan pengembangan Kain Bidak hingga menjadi hak paten Kabupaten OKU Timur dan menjadi ikon Bumi Sebiduk Sehaluan.

Acara diisi dengan parade model-model KSFP yang mengenakan kain-kain khas Kabupaten Kota Se-Sumatera Selatan, selain itu ditunjukkan juga parade kain-kain songket koleksi dari Hj. Febrita Lustia Herman Deru.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru, Ketua dan Pengurus Dekranasda Provinsi Sumsel, Ketua dan Pengurus Dekranasda 17 Kabupaten Kota Se-Sumatera Selatan, Ketua KOMISI Sumsel Hj. Samantha Tivani, Guru Fashion, Budayawan, Seniman, Kepala OPD Provinsi beserta istri, dan Petinggi atau Pimpinan dari Mitra Dekranasda Sumsel. (clau)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: