Sambut Ramadhan 1444 H, MWC NU Baturaja Timur Bakal Gelar Pawai Obor

Sambut Ramadhan 1444 H, MWC NU Baturaja Timur Bakal Gelar Pawai Obor

Jajaran Pengurus Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWC NU) Kecamatan Baturaja Timur Kabupaten Ogan Komering Ulu foto bersama usai rapat, di Sekretariat NU Baturaja Timur, Jl Veteran, Minggu, 26 Februari 2023 . -ist-WA MWC NU Baturaja Timur

BATURAJA,OKUTIMURPOS.COM- Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWC-NU) Kecamatan Baturaja Timur mulai membuat gebrakan, meski baru dilantik 19 Februari 2023 lalu.

Dalam rangka menyambut dan memeriahkan bulan suci Ramadhan 1444 H, MWC NU bakal menggelar pawai ratusan obor di Kota Baturaja pada Sabtu malam, 18 Maret 2023.

Demikian hasil keputusan rapat jajaran pengurus MWCNU Kecamatan Baturaja Timur, Minggu (26/02/2023) pukul 14.00 WIB di sekretariat MWC NU Baturaja Timur, Jl Veteran (samping Masjid Ramadhan), Kelurahan Baturaja Lama, Kecamatan Baturaja Timur.

Rapat dipimpin oleh Rais Syuriyah NU Baturaja Timur, KH Endang Agus Sanjaya SPdI dan Ketua Tanfidziyah, Moh Ma’sum Rahutama. Hadir juga jajaran pengurus lainnya, sekretaris, Salim Dawami SPd, beberapa wakil sekretaris, para wakil ketua dan jajaran pengurus NU Baturaja Timur lainnya.

Hasil rapat memutuskan pawai obor mengambil rute dimulai (start) dari sekretariat MWC NU Baturaja Timur, Jl Veteran lalu memasuki Jl Dr M Hatta (Bakung) menuju Taman Kota Baturaja. Selanjutnya rombongan pawai berputar sebentar di area Taman Kota.

“Segala persiapan segera kita lakukan. Mulai dari kendaraan perlengkapan lainnya seperti obor akan disiapkan oleh sekretariat MWC NU Baturaja Timur. Tidak kurang dari 400 obor akan kita siapkan. Bisa-bisa lebih dari itu. Termasuk juga kita akan mengurus perizinan di kepolisian dan pemerintah setempat,” ujar Ketua Rais Syuriyah MWC NU Baturaja Timur, KH Endang Agus Sanjaya SPdI.

Pawai obor ini akan melibatkan keluarga besar NU termasuk jajaran Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kabupaten Ogan Komering Ulu berikut organisasi sayap di bawah naungan NU seperti Muslimat NU, Fatayat NU, Gerakan Pemuda (GP) Ansor dan lainnya.

“Kita juga akan melibatkan para santri dan organisasi lain yang mau bergabung dalam kegiatan ini,” papar Endang.

Kegiatan pawai obor ini, selain bertujuan memeriahkan dan menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1444 Hijriyah (2023), lanjut Endang, kegiatan ini juga sebagai upaya menyosialisasikan keberadaan MWC NU Kecamatan Baturaja Timur.

“Selain itu, kegiatan pawai obor ini juga sebagai salah satu bentuk syiar agama Islam kepada masyarakat Kabupaten Ogan Komering Ulu. Saat pawai juga akan kita gelar semacam ceramah singkat dari beberapa tokoh NU Kabupaten Ogan Komering Ulu,” tegas KH Endang Agus Sanjaya sembari menambahkan saat pawai juga akan diiringi oleh grup hadroh dan solawatan.

Selain membahas rencana pawai obor, rapat pengurus MWC NU Baturaja Timur juga telah berhasil membentuk Badan Otonom (Banom) Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Sodaqoh Nahdlatul Ulama (Lazisnu) dan Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU) Baturaja Timur. Terpilih sebagai ketua Lazisnu adalah M Jefri Putrawan SPd dan Ketua LDNU adalah Agus Redho Muhammad.

“Selanjutnya para ketua yang telah ditunjuk dalam musyawarah ini dipersilakan menyusun dan melengkapi pengurus seperti sekretaris dan bendaharanya,” tambah KH Endang Agus Sanjaya.

Kemudian, rapat MWC NU Baturaja Timur juga memutuskan akan membentuk Pengurus Ranting NU di tingkat kelurahan dan desa di Kecamatan Baturaja Timur. Mulai Maret 2023 akan dibentuk Pengurus Ranting NU Kemelak, Sekarjaya dan Baturaja Lama. Untuk diketahui di Kecamatan Baturaja Timur ada 13 desa dan kelurahan.

“Sementara untuk Maret 2023 kita targetkan pembentukan pengurus ranting di Kelurahan Kemelak, Kelurahan Baturaja Lama dan Kelurahan Sekarjaya,” tutup KH Endang Agus Sanjaya.

 

Ketua Tanfidziyah MWC NU Baturaja Timur, Moh Ma'sum Rahutama (tengah) didampingi Ketua Rais Syuriyah MWC NU Kecamatan Baturaja Timur, KH Endang Agus Sanjaya SPdI menyerahkan SK Pengurus kepada Sekretaris MWC NU Baturaja Timur Salim Dawami SPd. 

 

Usai rapat Ketua Tanfidziyah MWC NU Baturaja Timur, Moh Ma’sum Rahutama didampingi KH Endang Agus Sanjaya SPdI membagikan surat keputusan (SK) MWC NU Baturaja Timur kepada pengurus yang hadir. (pur)        

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: liputan