Permasalahan Pupuk Subsidi Terjawab Berkat Program Jumat Curhat Polsek Buay Madang Timur, ini kendalanya

Permasalahan Pupuk Subsidi Terjawab Berkat Program Jumat Curhat Polsek Buay Madang Timur, ini kendalanya

Kapolsek BMT IPTU Alimin SH bersama Kepala Dinas Pertanian Junadi saat melakukan koordinasi terkait keluhan petani sulitnya mendapatkanPupuk subsidi.--

BUAY MADANG TIMUR, OKUTIMURPOS.COM- Permasalahan kesulitan petani Desa Karang Tengah, Kecamatan Buay Madang Timur, Kabupaten OKU Timur dalam mendapatkan pupuk subsidi akhirnya terjawab sudah melalui program Jum'at Curhat Polsek Buay Madang Timur.
 
Kendalanya, keterlambatan pendistribusian pupuk dari pusat serta adanya perubahan regulasi pendistribusian pupuk dari pengecer ke petani. Sehingga pengecer tidak bisa langsung menjual pupuk ke petani. 
 
Perubahan regulasi tersebut diantaranya, Program kartu Tani yang belum sepenuhnya dipahami petani dan pengecer, Pengecer belum mendapatkan alat EDC untuk pendistribusian pupuk. Perubahan Bank pelayan petani dari BNI ke BRI sehingga kartu Tani kembali harus di rubah. 
 
Terungkapnya permasalahan ini berkat Polsek Buay Madang Timur menindaklanjuti curhatan petani dengan melakukan koordinasi dengan berbagai pihak termasuk Dinas Pertanian Kabupaten OKU Timur, pada Sabtu 4 Februari 2023 sekitar pukul 9.30 WIB.
 
Kepala Dinas Pertanian OKU Timur Junaidi SP MP inspeksi langsung ke pengecer Rahmanto dan Kelompok Tani Sederhana di Desa Karang Tengah Kecamatan Buay Madang Timur Kabupaten OKU Timur.  Hasilnya Pupuk tersebut sudah ada di gudang pengecer.
 
"Kepada petani dan pengecer bahwa saat ini bagi petani yang belum memiliki kartu tani bisa membeli pupuk dengan menunjukkan KTP yang sudah terdaftar di E-Alokasi (T-PUBERS)," kata Junadi.
 
Dikatakan, pada tahun 2023 ini Kuota pupuk subsidi untuk OKU Timur sudah ditambah.
 
"Diharapkan petani menebus atau membeli pupuk tersebut walaupun belum waktunya di gunakan sehingga kedepannya kuota pupuk OKU Timur tidak dikurangi," tegasnya.
 
Sementara, Kelompok Tani Sederhana H Marno mengucapkan terimakasih, serta mengapresiasi Kapolsek Buay Madang Timur IPTU Alimin SH atas tindak lanjut yang cepat dalam menanggapi keluhan petani yang di sampaikan dalam program jumat curhat Polsek BMT.
 
"Kami masyarakat sangat mendukung program Jumat Curhat Kepolisian. Karena suara keluhan kami dapat didengar," jelasnya.
 
Sedangkan, Kapolres OKU Timur AKBP Dwi Agung Setyono SIK MH melalui Kapolsek Buay Madang Timur IPTU Alimin SH mengatakan, pihaknya akan terus melakukan pengawasan pendistribusian pupuk di wilayah Kecamatan Buay Madang Timur, Kabupaten OKU Timur.
 
"Kita akan terus melakukan pengawasan pendistribusian pupuk di Desa," pungkasnya. (clau)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: liputan langsung