PKB Siap Koalisi Untuk Menolak Sistem Proporsional Tertutup

PKB Siap Koalisi Untuk Menolak Sistem Proporsional Tertutup

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar atau Cak Imin.-Twitter/@cakiminNOW---

JAKARTA, OKUTIMURPOS.COM - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar (Cak Imin) memperjelas bahwa partainya menolak keras sistem proporsional tertutup pada Pemilu 2024.

BACA JUGA:Herman Deru Ajak Pengurus Wilayah Keluarga Besar Pelajar Islam Indonesia Sumsel Masifkan GSMP

 

"PKB dalam posisi menolak ya," ujar Cak Imin di Jakarta Pusat, Minggu, 8 Januari 2023. Cak Imin mengutarakan, PKB akan koalisi dengan beberapa parpol (partai politik) yang lain untuk menolak sistem proporsional tertutup itu.

 

BACA JUGA:Kapan Bendungan Perjaya Upper Komering Dibangun? Cek di Sini

"Kita terus berkonsolidasi dengan partai," tandas wakil ketua DPR itu. Ia memandang, sistem proporsional tertutup akan pangkas hak persaingan peserta pemilu.

 

BACA JUGA:CATAT! Bansos BPNT Rp200.000 Bakal Cair Lagi Januari 2023, Jangan Ketinggalan Infonya

 

Apa lagi, mengganti sistem proporsional terbuka jadi proporsional tertutup, dilaksanakan dalam waktu singkat menjelang pemilu.

BACA JUGA:2 Aturan Baru BBM, Isi Bensin Nantinya Tak Boleh Sembarangan Pindah-pindah SPBU

 

Karena waktunya pendek, menurut dia, tidak adil jika pada akhirnya peralihan sistem pemilu jadi proporsional tertutup ditetapkan dalam kurun waktu setahun saat sebelum Pemilu 2024 "Ini waktunya sudah sangat pendek. Kalau proporsional tertutup, harus dipilih empat tahun sebelum pemilu. Ini hanya satu tahun sebelum pemilu," sesal Cak Imin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: