Inggris Cukur Habis Senegal 3-0, Benteng Afrika Gampang Bobol, Bukayo Saka Tambah Derita Singa dari Teranga

Inggris Cukur Habis Senegal 3-0, Benteng Afrika Gampang Bobol, Bukayo Saka Tambah Derita Singa dari Teranga

Inggris kirim pulang Senegal, Bukayo Saka tambah derita singa dari teranga 3-0. foto: @fifaworldcup ----

DOHA,OKUTIMURPOS.COM - Senegal akhirnya tersingkir dari perhelatan piala dunia Qatar 2022.

Harapan besar agar tim Afrika ini bisa lolos perempat final buyar. Permainan terbuka jadi blunder.

The Three Lions (julukan timnas Inggris) bertemu Timnas Senegal di babak 16 besar Piala Dunia 2022 di Al Bayt Stadium, dimulai dini hari 02.00 WIB, Senin 5 Desember 2022.

Pertahanan Singa Afrika gampang sekali bobol. 

Pergantian tiga pemain di awal babak  kedua juga tak membuahkan hasil maksimal.

Senegal kalah telak 3-0 atas Inggris. 

Hasil menyedihkan ini membuat Singa dari Teranga (julukan timnas Senegal) harus angkat koper dari pertarungan piala dunia Qatar 2022. 

Jalannya Laga Babak Pertama:

Menit 7' pelanggaran oleh Krepin Diatta (Senegal), Jude Bellingham (Inggris) dapat hadiah tendangan bebas di paruh lapangan bagian penyerangan Senegal.

Menit 8’ Krepin Diatta (Senegal) dapat hadiah tendangan bebas di paruh lapangan bagian pertahanan Inggris.

Head to head Inggris vs Singa Afrika (julukan Senegal)  menyuguhkan duel antara Harry Kane vs Edouard Mendy. 

Diawal laga penguasaan bola milik Inggris 65 persen dan Singa dari Teranga (julukan timnas Senegal) 34 persen.

Senegal menunjukkan tajinya. Di awal laga sudah beberapa kali mengancam pertahanan Inggris.

Senegal tidak bertahan menghadapi Inggris, bahkan menerapkan strategi menyerang.

Menit 21’ John Stones (Inggris) melakukan upaya percobaan dari di bagian tengah kotak 16 Senegal, namun sayang bola tinggi dan melebar ke kanan. 

Upaya ini adalah assist dari Phil Foden lewat umpan silang melanjutkan tendangan sudut.

Menit 32’ kali ini Boulaye Dia (Senegal) melakukan tembakan dengan kaki kiri dari arah sebelah kiri kotak 16 Inggris, namun sayang bola diselamatkan kiper Inggris.

Upaya bagus ini datang dari assist Ismaïla Sarr dengan bola terobosan.

Menit 33’ terjadi pelanggaran oleh Luke Shaw (Inggris) pada Youssouf Sabaly (Senegal) yang mendapat hadiah tendangan bebas di paruh lapangan bagian pertahanan Inggris.

Menit 38’ Inggris mencetak gol dari Jordan Henderson. Tembakan dengan kaki kiri dari bagian tengah kotak 16 tak terjangkau kiper Senegal. Gol ini berkat assist Jude Bellingham.

Inggris 1, Senegal 0.

Menit 41’ Harry Kane (Inggris) melakukan tembakan dengan kaki kanan dari bagian tengah kotak 16, tapi gagal menemukan gawang Senegal.

Menit 45 +3’ Harry Kane (Inggris) menambah gol Inggris lewat serangan balik.

Tembakan kaki kanannya dari sebelah kanan kotak 16 ke arah tengah gawang Senegal tak terbendung kiper.

Gol ini berkat assist Phil Foden.

Laga babak pertama berakhir.

Inggris 2, Senegal 0.

Babak kedua berjalan.

Senegal melakukan tiga pergantian pemain sekaligus. Pape Gueye menggantikan Pathe Ciss.

Bamba Dieng menggantikan Iliman Ndiaye.

Dan, Pape Sarr menggantikan Krepin Diatta.

Tapi tak membuat permainan Senegal menjad lebih baik.

Menit 57’ malah Inggris menambah keunggulan lewat pemain muda, Bukayo Saka.

Sontekan kaki kiri sukses melewati kiper Senegal. Gol ini berkat assist Phil Foden.

Inggris 3, Senegal 0.

Hingga plui panjang babak kedua dibunyikan wasit tak ada gol lagi tercipta.

Inggris 3, Senegal 0.

Prediksi Sebelum Laga:

Timnas Inggris melangkah ke babak 16 besar dengan status sebagai salah satu pencetak gol terbanyak selama fase grup Piala Dunia 2022. 

Skuad The Three Lions membukukan total 9 gol. Hanya Timnas Spanyol saja yang mampu menyamai raihan gol tersebut. 

Ketajaman Marcus Rashford dan kolega kini bakal diuji lewat sektor pertahanan Senegal yang tidak pernah clean sheet dan sudah terkoyak 4 kali. 

"Kami paham secara peringkat kami menjadi favorit - kami harus menghadapinya - tetapi mereka adalah tim yang sangat berbahaya. Target pertama tercapai. Sampai saat ini kami sangat senang. Urusan besar akan dimulai sekarang," kata Gareth Southgate, manajer Inggris, dikutip laman resmi FIFA. 

Head to Head Inggris vs Senegal: Kane vs Mendy

Dalam daftar pencetak gol Inggris, tidak ada nama Harry Kane. Marcus Rashford justru tampil sebagai top skor tim dengan lesakan 3 gol. Disusul Bukayo Saka via 2 gol. 

Sedangkan beberapa pemain lainnya masing-masing menyumbangkan 1 gol, seperti Jude Bellingham, Raheem Sterling, Phil Foden, hingga Jack Grealish. 

Kendati belum memecahkan paceklik gol, Harry Kane menjadi andalan utama Gareth Southgate dalam meramu strategi di lini depan. Penyerang asal Tottenham ini seolah tak tergantikan. Ia selalu masuk dalam starting XI di 3 laga fase grup dengan total tampil dalam 224 menit.

Kesempatan yang diberikan sang manajer itu pun tidak disia-siakan. Kane turut berkontribusi dengan menciptakan 3 assist yang terdiri dari 2 ke gawang Iran dan 1 ke gawang Wales. 

Dalam fase knock-out mendatang, Harry Kane akan berhadapan dengan Edouard Mendy yang mengawal gawang lawan. Bukan tidak mungkin, duel antara kedua pemain ini bakal turut mewarnai pertandingan di atas lapangan. 

Kane yang belum mencetak gol selama 3 kesempatan awal berpeluang besar dapat segera mengakhiri puasa golnya di Piala Dunia 2022. 

Sementara itu ketangguhan Édouard Mendy dalam mengawal gawang Senegal akan mendapatkan ujian yang tidak ringan. Selama fase grup, kiper asal Chelsea ini tidak pernah clean sheet alias selalu kebobolan. 

Dari 3 kali turun ke atas lapangan, duel melawan Ekuador bisa dikatakan menjadi partai yang paling berat lantaran Mendy melakukan total 3 kali save. Sedangkan saat melawan Qatar, ia melakukan 2 kali penyelamatan dan 1 save untuk bentrok melawan Belanda. 

Aksi Édouard Mendy di bawah mistar gawang kini diandalkan lagi oleh pelatih Senegal, Aliou Cisse. Terlepas tidak pernah clean sheet, gawang yang dijaga eks kiper Rennes ini menjadi benteng terakhir dalam menahan gempuran para pemain The Three Lions. 

"Ini akan menjadi babak baru bagi kami. Kami tahu bahwa kami sedang melaju ke sistem gugur, yang sama sekali berbeda dari yang biasa kami mainkan di pertandingan (grup)," ujar Aliou Cisse. 

"Sekarang itu situasinya menang atau kalah, tidak ada kesempatan kedua – jika Anda menang, Anda lolos, jika kalah, Anda pulang," lanjutnya. 

Inggris dan Senegal tak pernah bertemu sebelum ini. Namun, kedua tim tidak bakal merasa asing satu sama lain karena beberapa pemain Senegal merupakan pilar utama di sejumlah klub Inggris.

Kiper Edouard Mendy dan kapten Kalidou Koulibaly adalah pemain Chelsea. Nampalys Mendy bermain di Leicester City, Cheikhou Kouyate di Nottingham Forest, sementara Pape Matar Sarr adalah penggawa Tottenham. 

Mereka bakal bertarung dengan beberapa rekan seklubnya yang berada di skuad Three Lions.

Inggris tak terkalahkan di Grup B dan lolos sebagai juara grup. Setelah melumat Iran 6-2, kemudian imbang 0-0 dengan Amerika Serikat, mereka memastikan kelolosan dengan kemenangan 3-0 atas Wales.

Inggris mencetak total sembilan gol di fase grup. Gol-gol itu disumbangkan oleh Marcus Rashford (3), Bukayo Saka (2), Jack Grealish, Jude Bellingham, Phil Foden, dan Raheem Sterling.

Sementara itu, Senegal lolos ke babak 16 besar sebagai runner-up Grup A. Setelah kalah 0-2 dari Belanda di laga pertama, Senegal melenggang ke babak gugur usai berturut-turut menumbangkan tuan rumah Qatar 3-1 dan Ekuador 2-1.

Senegal bisa menjadi lawan yang sangat merepotkan. Namun, di atas kertas, Inggris lebih diunggulkan untuk menang dan lolos ke perempat final, di mana mereka akan menghadapi juara bertahan Prancis atau Senegal.

Inggris (4-3-3): Jordan Pickford; Luke Shaw, Harry Maguire, John Stones, Kyle Walker; Jude Bellingham, Declan Rice, Kalvin Phillips; Marcus Rashford, Harry Kane, Bukayo Saka.

Pelatih: Gareth Southgate (Inggris).

Senegal (4-2-3-1): Edouard Mendy; Ismail Jakobs, Abdou Diallo, Kalidou Koulibaly, Youssouf Sabaly; Pape Gueye, Pathe Ciss; Pape Matar Sarr, Mamadou Loum, Iliman Ndiaye; Boulaye Dia.

Pelatih: Aliou Cisse (Senegal). (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: sumeks.co