Dorong Komitmen Keberlanjutan, Pemasangan Panel Surya FIFGROUP ke-23 Berlanjut di Kota Lampung

Selasa 06-08-2024,13:59 WIB
Reporter : Yogi Ruandy
Editor : Yogi Ruandy

OKUTIMURPOS - FIFGROUP sebagai salah satu anak perusahaan PT Astra International Tbk kembali melanjutkan inisiatifnya dalam pemasangan panel surya berkapasitas 10,8 kilowatt peak (KWp), kali ini berlanjut di Kantor FIFGROUP Cabang Lampung yang diselenggarakan pada Selasa (6/8).

Melalui inisiatif ini, FIFGROUP akan terus berkomitmen untuk mengurangi jejak karbon dan meningkatkan efisiensi penggunaan energi di dalam operasional bisnisnya.

Operation Director FIFGROUP, Setia Budi Tarigan, menyebutkan Perseroan akan terus menggencarkan strategi bisnis yang mengintegrasikan praktik operasional bisnis yang bertanggung jawab secara lingkungan.

FIFGROUP akan terus berperan aktif dalam mendukung transisi menuju energi terbarukan di Indonesia.

“Tindakan kami dalam memasan panel surya di Kantor FIFGROUP Cabang Lampung merupakan wujud nyata komitmen perusahaan dalam memelihara lingkungan agar tetap lestari,” kata Budi. 

Lebih lanjut, Budi mengatakan, “Kami percaya inisiatif positif ini merupakan inti dari pertumbuhan bisnis yang lebih bertanggung jawab, sehingga bisnis Perseroan tidak hanya bertumbuh, tetapi juga memberikan kebermanfaatan bagi para pemangku kepentingan dan lingkungan,” Terangnya.

Optimalisasi Energi Terbarukan

Sebagai negara yang terletak di garis khatulistiwa, Indonesia menjadi salah satu negara dengan intensitas sinar matahari yang tinggi dan melimpah. Pemasangan panel surya merupakan salah satu komitmen jangka panjang yang saat ini menjadi salah satu prioritas Pemerintah dalam mendorong penggunaan energi terbarukan.

Di Kota Lampung, rata-rata intensitas irradiasi matahari yang tercatat sebesar 1.700,9 KWh/m2, sesuai dengan data dari Global Horizonal Irradiation (GHI). Dengan besarnya intensitas tersebut, menjadikan Kota Lampung sebagai salah satu kota yang tepat dalam mengoptimalkan energi surya.

Lampung menjadi kota ke-5 pada tahun 2024 dalam pelaksanaan inisiatif pemasangan panel surya di jaringan kantor FIFGROUP, di mana FIFGROUP menargetkan pemasangan solar panel di 12 titik pada tahun ini. Sebelumnya, FIFGROUP juga telah melakukan pemasangan solar panel di empat cabang, yakni Cabang Serang, Cabang Cikarang, Cabang Palangkaraya, dan Cabang Palu.

Sebelumnya, komitmen FIFGROUP dalam mewujudkan inisiatif keberlanjutan guna mendukung pencegahan perubahan iklim dan pelestarian linkungan melalui pemasangan panel surya telah dilakukan sejak tahun 2019 sebanyak satu cabang, lalu pada tahun 2022 sebanyak tujuh cabang, dan pada tahun 2023 telah terpasang sebanyak 10 cabang.

Total pelaksanaan program instalasi solar panel yang telah dilakukan adalah sebanyak 23 titik dengan kapasitas masing-masing sebesar 10,8 KWp atau total yang telah terpasang sebanyak 248,4 KWp.

Budi menyebutkan “inisiatif ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi operasional bisnis FIFGROUP yang berkelanjutan dan memberikan manfaat dalam penghematan pembayaran listrik konvensional.”

Sebagai wujud kepedulian FIFGROUP terhadap aspek sosial di FIFGROUP Cabang Lampung, bersamaan dengan pelaksanaan program peresmian tersebut turut menyalurkan bantuan sosial melalui program tanggung jawab sosial perusahaan dengan menyalurkan dana sosial syariah sebesar Rp9,4 juta kepada masyarakat yang berada dekat dengan kantor FIFGROUP Cabang Lampung.

Bantuan sosial tersebut diserahkan kepada Suparman selaku perwakilan Rukun Tetangga (RT) 25 dan Sahroni selaku perwakilan RT 26. “Dalam mewujudkan misi FIFGROUP, yaitu Membawa Kehidupan yang Lebih Baik Untuk Masyarakat, Perseroan akan terus berkomitmen meningkatkan dampak positif bagi lingkungan dan sosial masyarakat,” kata Budi. 

Kategori :