Perguliran Masa Depan Kesehatan: RSU dr Maulana AK, Dari Jejak Digital Hingga Pembentukan Destinasi Medis

Jumat 21-07-2023,10:05 WIB
Reporter : Pur
Editor : Pur

BATURAJA,OKUTIMURPOS-Rumak Sakit dr Maulana AK yang beralamat di Jl Dr Moh Hatta No 881 Bakung, Baturaja Timur berjenis Rumah Sakit Umum (RSU).

Berdasarkan penelusuran jejak digitalnya, Kelas RSU dr Maulana AK ini adalah tipe D dan statusnya Non BLU/BLUD. Kepemilikannya adalah swasta murni atau Perusahaan.

Manajemennya dipimpin oleh seorang Direktur yakni dr Khairunnisyah Tri Gustini. Luas tanah RSU dr Maulana ini adalah 595 meter persegi dengan luas bangunan 580 meter persegi dan bertingkat.

Adapun data tempat tidurnya 1 kamar VVIP/Super VIP, 2 kamar VIP, 4 kamar kelas I, 6 kamar kelas II, 14 kamar kelas III. Kemudian ada 2 HCU dan 1 ruang isolasi. 

Untuk pelayanan memberikan pelayanan medik dasar/umum, pelayanan medik gigi mulut, pelayanan KIA/KB, pelayanan gawat darurat umum 24 jam dan 7 hari dalam seminggu.

BACA JUGA:BREAKING NEWS: Pengurus Daerah Muhammadiyah OKU Dapat Hibah Rumah Sakit, Ini Jadwal Penyerahannya

Pelayanan penyakit dalam, kesehatan anak, Bedah, obstetri dan ginokologi, anestesi dan radiologi. Lalu telinga hidung tenggorokan kepala leher, perinatologi, bedah THT KL dan rekonstruksi, Elektromedik diagnotik (EKG/EEG/EEG Brain Mapping).

Kemudian juga ada pelayanan farmasi, rekam medis dan informasi kesehatan, pemeliharaan sarana prasarana dan fasilitas, pengelolaan limbah kesehatan lingkungan, sistem informasi dan komunikasi/SIRS/IT, radiologi kedokteran gigi dan emergensi.

Namun, penulis belum mendapatkan konfirmasi kondisi terkini, apakah RSU dr Maulana AK pelayanan tersebut di atas semuanya tersedia. Data yang tertulis merupakan hasil pencarian jejak digital pada mesin pencarian google.

"Yang jelas selama ini yang saya tahu RSU dr Maulana AK merupakan rumah sakit khusus Bedah," kata Prof Dr Ir H Gribaldi, Ketua PD Muhammadiyah OKU yang akan menerima hibah RSU dr Maulana AK ini.

Seperti informasi sebelumnya, Pengurus Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Ogan Komering Ulu terus bergerak membangun organisasi berkemajuan.

Di sektor peningkatan peran Muhammadiyah di Bidang Kesehatan PD Muhammadiyah OKU punya program penting. Salah satunya mengembangkan infrastruktur pendukung di bidang kesehatan.

Dan itu akan segera terwujud dengan PD Muhammadiyah OKU menerima hibah RS dr Maulana, Jl Dr Moh Hatta, Bakung.

BACA JUGA:Inilah Ketua Muhammadiyah OKU 5 Tahun Kedepan

Menurut Ketua PD Muhammadiyah OKU, Prof Dr Ir H Gribaldi MSi, penyerahan hibah RS dr Maulana ini akan berlangsung Jumat siang, 21 Juli 2023 di Aula Wisma Ganesa, PT Semen Baturaja (PT Semen Indonesia-Semen Indonesia Grup).

Kategori :