Tukang Kayu, Kerajinan Perak, Aluminium dan Pandai Besi Disini Tempatnya

Senin 15-05-2023,16:55 WIB
Reporter : Pur
Editor : Pur

KECAMATAN Tanjung Batu di Kabupaten Ogan Ilir Sumatera Selatan sangat terkenal dengan pertukangan dan kerajinan.

 

Misalnya pertukangan kayu, tukang perhiasan yang terbuat dari perak. Tukang pandai besi (golok, pisau, dan alat pertanian). Ada juga daerah penghasil tikar purun (tikar yang dianyam) dari purun.

 

Ternyata kemampuan dari kebanyakan masyarakat Tanjung Batu ini sering dikait-kaitkan dengan asal usul nenek moyang mereka. Seperti legenda Sang Sungging dan Puteri Senuro atau Puteri Pinang Masak.

BACA JUGA:Cara Buat Akun Gmail Baru, dari HP Tinggal Klik Ini

 

Konon Sang Sungging inilah yang mewariskan keahlian pertukangan dan kerajinan bagi warga Tanjung Batu. Seperti tertulis pada sebuah website kebudayaan. Kemudian, Puteri Senuro atau Putri Pinang Masak telah mewariskan anyaman.

BACA JUGA:Penasaran? Ini Lho Samsung Galaxy S23 Ultra Februari 2023 Berikut Harganya

Dan inilah yang menjadi ladang mata pencaharian sebagian besar masyarakat Tanjung Batu. Memang bukan satu-satunya mata pencaharian, ada yang jadi pegawai negeri, pegawai swasta, ada yang berkebun dan berladang.

 

Ada juga yang menjadi penangkap ikan. Mengenai pertukangan, saat ini ada rumah bongkar pasang (knock down). Rumah yang terbuat dari kayu ini banyak sekali dipasarkan. Baik dipajang langsung di Kecamatan Tanjung Batu.

BACA JUGA:Suara Kalah Keras dari Suporter Indonesia, Wanita Cantik Vietnam Ini Ngambek sampai Jadi Sorotan di SEA Games

Dan tidak sedikit pula pemasarannya menggunakan medsos. Selain rumah, tukang asal Tanjung Batu juga sangat ahli dalam membuat panel kusen dan pintu. Di Kota Baturaja, Kabupaten OKU, banyak sekali depot panel kusen yang tukangnya berasal di Tanjung Batu Kabupaten Ogan lir.

 

Kategori :