Buka Seminar MEDULA, dr. Sheila: Pahami Penyebab Stunting dan Upayakan Pencegahannya

Kamis 16-03-2023,17:08 WIB
Reporter : asa
Editor : asa

MARTAPURA, OKUTIMURPOS.COM - Ketua Tim Penggerak PKK dr. Sheila Noberta SpA, M.Kes menghadiri sekaligus membuka seminar MEDULA (Mechanism of Early Detection of Stunting and Silaturahmi), berlangsung di Aula Cafe 3F Belitang, Kamis, 16 Maret 2023.

Kegiatan yang diadakan oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI) turut dihadiri Plt. Kepala Dinas Kesehatan Yakub, SKM. M.M, Kepala RSUD OKU Timur dr. Sugihartono, Kepala Puskesmas dan Para Dokter Spesialis.

Menurut Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dr. Mustika Dharma, Sp.OG, Kegiatan tersebut diselenggarakan untuk mendeteksi stunting secara dini dan upaya pencegahan terhadap resiko stunting di OKU Timur.

Dalam bimbingan dan arahannya, dr. Sheila Noberta, SpA. MKes mengatakan bahwa mengingat stunting adalah salah satu masalah kesehatan yang cukup membahayakan, maka sangat penting jika kita harus memahami faktor penyebab stunting.

"Sebagai seorang dokter sekaligus orang tua kita harus mengetahui secara mendalam hal-hal yang dapat menyebabkan terjadinya stunting. Stunting terjadi akibat kurangnya asupan gizi pada ibu hamil. Pada masa kehamilan harus memperhatikan asupan-asupan gizi apa yang dibutuhkan", ujarnya.

Sementara itu, Dalam sambutannya Plt. Kepala Dinas Kesehatan Yakub, SKM. M.M mengatakan, "Kita akan berusaha semaksimal mungkin untuk menangani masalah stunting ini, semoga dengan adanya seminar ini kita bisa semakin memahami bahaya stunting dan cara pencegahannya".

Kategori :