Wakil Gubernur Sumsel Ajak Kepala Desa Jadi Pelopor Masifkan Gerakan Sumsel Mandiri Pangan di Sumsel

Selasa 27-12-2022,07:27 WIB
Reporter : redokutpos
Editor : asa

BACA JUGA:Jenis BBM Pertamina Disuntik Mati Pemerintah Mulai 1 Januari 2023, Ini Alasannya

"Dengan begitu pengeluaran rumah tangga dapat efisien. Pangan kecil seperti cabai dan lainnya bisa kita hasilkan sendiri dirumah," paparnya.

BACA JUGA:Tarif Tol Kayuagung - Palembang Diskon 50 Persen Untuk Semua Golongan Kendaraan, Berlaku Hingga 1 Januari 2023

Saat ini, kata Mawardi, desa yang ada di Sumsel ini menjadi sasaran dari GSMP tersebut. "Selain memiliki banyak desa, kita lihat masyarakat ini terkadang justru memilih untuk membeli pangan kecil kebutuhan rumah tangga daripada menanamnya, padahal mereka tinggal di desa. Ini yang ingin kita ubah," tuturnya.

BACA JUGA:Kelas BPJS Kesehatan Bakal Dihapus, Berapa Tarif Barunya?

Sebab itulah, agar upaya itu dapat berhasil, masyarakat desa harus berperan langsung. "Ujung tombak agar gerakan itu dapat berjalan baik adalah kepala desa. Ajak masyarakatnya untuk melakukan gerakan ini. Termasuk istri dari kepala desa harus memberikan contoh bagi masyarakatnya," bebernya. Dengan begitu, Mawardi meyakini kebutuhan pangan di desa dapat terpenuhi dengan baik.

BACA JUGA:Yang Ditunggu Tiba, Bansos PKH 2023 Tahap 1 Segera Cair

"Ketika kebutuhan pangan ini dapat terpenuhi, maka biaya rumah tangga untuk pangan ini dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan lain seperti pendidikan. Saya harap kepala desa mulai mengajak masyarakat memasifkan GSMP ini," sebutnya.

BACA JUGA:10 Aplikasi Penghasil Saldo DANA, Langsung Cair Bisa Tembus Rp1 Juta

Disisi lain, Seminar Desa dengan tema "Sumsel Mandiri Pangan Tekan Angka Kemiskinan dan Stunting" ini diprakarsai oleh Harian Pagi Sumatera Ekspes. Seminar ini dilakukan sebagai upaya untuk menghadapi sutuasi ekonomi global saat ini.

BACA JUGA:Ada-ada Saja, Dua Pekerja Flyover ini Curi Kabel di Gudang untuk Membeli Stick Pancing

"GSMP inilah menjadi salah satu langka Pemprov Sums dalam menghadapi situasi ekonomi global. Situasi ini bukan hanya berdapak di kota saja tapi sampai ke desa," kata GM Sumatera Ekspres Group Hj Nurseri Marwah. Dia mengapresiasi langkah Pemprov Sumsel dalam menjaga ketahanan pangan.

BACA JUGA:dr. Boyke Hadir di Anniversary 1 Tahun Forum Tenaga Kesehatan, Beri Tips Hubungan Harmonis dalam Keluarga

"Kebijakan yang dilakukan pemerintah ini sangat baik. Ini langkah kesiapan ketahanan pangan di desa menghadapi situasi ekonomi global," pungkasnya.

BACA JUGA:Berlaku 2023, Ini Tata Cara Membeli BBM Pertalite dan Solar, Harus Diingat dan Dipatuhi

Hadir dalam kesempatan itu, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Muba Yusuf Amilin, Kepala Dinas PMD Kabupaten Muba Richard Chahyadi, dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemprov Sumsel. *

Kategori :