Pramuka Masuk Jadi Pendidikan Karakter, Wakimin: Sekolah Dukung Kegiatan Kepramukaan

Senin 25-07-2022,16:52 WIB
Reporter : redokutpos
Editor : asa

OKUTIMURPOS.COM. MARTAPURA - Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) sekaligus Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka OKU Timur Wakimin SPd, MM mengintruksikan pihak sekolah untuk selalu mendukung kegiatan kepramukaan.

Menurut Wakimin, kegiatan pramuka sangat penting, karena sebagai satu-satunya kegiatan yang diakui dan diatur oleh Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka sebagai suatu pendidikan karakter.

"Bahkan Kementerian Pendidikan juga sudah memasukkan pendidikan pramuka ini sebagai pendidikan karakter di sekolah-sekolah.

Baik itu Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA),” ujar Wakimin. Wakimin menyampaikan, di tengah terpaan pandemi Covid-19, berbagai kegiatan pramuka sempat terhambat karena terbentur aturan social distancing dan berbagai aturan lain dalam melaksanakan kegiatan.

“Saat ini kegiatan pramuka mulai kita giatkan lagi karena pandemi sudah melandai dan perlahan semua kegiatan bisa berjalan,” tambahnya.

Mengenai peningkatan para pelatih, Kwarcab Pramuka OKU Timur terus melaksanakan Kursus Mahir Dasar (KMD) terhadap Kamabigus. Hal ini agar kompetensi dan keterampilan para pelatih terus meningkat.

"Harapan kita gerakan pramuka khususnya di Kabupaten OKU Timur senantiasa bermanfaat untuk masyarakat. Serta turut berkontribusi terhadap kemajuan daerah," pungkasnya. (inz).

Kategori :