Pramuka Dijadikan Wadah Pembentukan Generasi Muda Sumsel

Pramuka Dijadikan Wadah Pembentukan Generasi Muda Sumsel

Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni berharap pramuka bisa dijadikan sebagai wadah pembentukan generasi muda--

PALEMBANG, OKUTIMURPOS - Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni berharap pramuka bisa dijadikan sebagai wadah pembentukan generasi muda. Hal ini dikatakannya saat menerima audiensi Pengurus Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sumsel di Griya Agung Palembang, Senin (16/10/2023).

"Sebaiknya menjadikan Pramuka sebagai wadah pembentukan kader bangsa dan generasi muda yang berkarakter, berakhlak, mental dan daya juang yang baik," ungkap Fatoni.

Dia juga berharap agar Pengurus Kwartir Daerah Pramuka Sumsel tidak hanya berkutat mengadakan kegiatan yang bersifat seremonial, upacara, rapat kerja dan peringatan-peringatan saja.

Melainkan menyelenggarakan kegiatan positif lainnya. Misalnya berkemah, menurut Fatoni kegiatan tersebut mengajarkan hidup mandiri dan sederhana.

Selain itu, bermanfaat juga mendidik anak muda agar memiliki mental kuat dan daya juang yang tinggi.

"Latihan-latihan itu membuat kita dan anak-anak muda kita menjadi matang, dan memiliki daya juang," jelas Fatoni.

Nantinya, Fatoni berencana mengumpulkan sekolah-sekolah di Sumsel untuk mengaktifkan kembali organisasi Pramuka, sehingga dapat lebih efektif di sekolah.

Pembentukan moral dan karakter generasi muda ini menurut Fatoni juga menjadi tanggungjawab bersama. Dengan begitu diharapkan dapat semakin memajukan daerah Sumsel di masa depan.

"Untuk itu, Saya mohon bantuan semuanya membentuk Sumsel yang sudah maju dan terdepan ini menjadi lebih bagus lagi dan lebih baik lagi dan ini kita informasikan ke masyarakat," jelas Fatoni.

BACA JUGA:Apresiasi Polda Sumsel Gelar Simulasi Pengamanan Pemilu 2024

Senada dengan Fatoni, Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Pramuka Sumsel Riza Pahlevi mengatakan bahwa selain bersilaturahmi, kedatangan mereka beraudiensi dengan Pj Gubernur juga dalam rangka melaporkan beberapa agenda kegiatan Pramuka.

Nantinya pada tanggal 27 Oktober Kwartir Daerah Pramuka Sumsel akan mengadakan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) kemudian Munas di Provinsi Aceh pada tanggal 2-4 Desember mendatang.

"Kami harap Bapak Pj Gubernur berkenan membuka Rakerda ini," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: