Dinas Pertanian OKU Timur Gelar Panen Padi Nusantara Bersama Petani

Dinas Pertanian OKU Timur Gelar Panen Padi Nusantara Bersama Petani

Bupati OKU Timur bersama petani gelar panen padi Nusantara. Deo/okutpos--

BUAY MADANG TIMUR, OKUTIMURPOS.COM-  Dinas Pertanian OKU Timur gelar Panen Padi Nusantara bersama petani yang berada di Desa Raman Agung, Kecamatan Buay Madang Timur, Kabupaten OKU Timur, Kamis (9/3/2023).
 
Panen padi nusantara ini dihadiri langsung Bupati OKU Timur Ir H Lanosin, didampingi Kepala Balai Besar Pengujian Standarisasi Instrumen Sumber Daya Lahan Pertanian Husnanin, SP, MP, MSc, PHD, Ketua Perhiptani Sumsel Listoyo, SP, SE, MSi, Kepala BPS OKU Timur Ir Budiriyanti MAP.
 
Kepala Dinas Pertanian OKU Timur Junadi SP, MM dan Direktur Bank Sumsel Babel Cabang Martapura, Perwakilan Perum Bulog Wilayah OKU, serta Penyuluh Pertanian dan Tamu undangan lainnya. 
 
Bupati OKU Timur Ir H Lanosin dalam sambutannya mengatakan, pertanian di OKU Timur merupakan salah satu sumber PDRB bagi masyarakat. 
 
"Oleh sebab itu, kenaikan ekonomi akan sia-sia jika tidak melibatkan orang banyak, OKU Timur tidak demikian, hal ini dibuktikan dengan lahan pertanian yang seluruhnya dimiliki oleh masyarakat," katanya. 
 
Pada kesempatan ini, dirinya meminta bantuan peralatan pertanian seperti traktor kepada Kementerian Pertanian melalui Balai Besar Pengujian Standarisasi Instrumen Sumber Daya Lahan Pertanian, karena OKU Timur menargetkan 1 juta ton GKP tahun 2023.
 
"Saya mengharapkan kepada seluruh instrumen pemerintahan yang ada tentang ketahanan pangannya untuk meningkatkan hasil panen," ujarnya. 
 
Sementara, Kepala Dinas Pertanian OKU Timur Junadi, SP, MM mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan serentak di 66 titik Kabupaten/Kota di Indonesia. Di OKU Timur pane padi digelar di Desa Raman Agung, Buay Madang Timur dengan seluas 25 hektar yang akan dipanen dari total luas 137 Hektar.
 
"Luas panen di OKU Timur bulan Januari Tahun 2023 seluas 2.512 hektar dengan produksi 19.718 Ton/GKP, dan luas panen di OKU Timur pada bulan Februari Tahun 2023 seluas 6.686 hektar dengan produksi 51.049 Ton/GKP. Sedangkan untuk Prediksi Luas panen di OKU Timur di bulan Maret Tahun 2023 seluas 17.791 hektar dengan produksi 135.839 Ton/GKP. dengan target panen di Tahun 2023 seluas 130.000 hektar dengan terget produksi mencapai 865.960 ton GKG atau setara dengan 1.018.000 ton GKP," jelasnya. 
 
Terpisah, Kepala Balai Besar Pengujian Standarisasi Instrumen Sumber Daya Lahan Pertanian Husnanin, SP, MP, MSc, PHD mengapresiasi Kabupaten OKU Timur atas terselenggaranya kegiatan ini. "Karena, OKU Timur terpilih menjadi 1 dari 66 Kabupaten/Kota se-Indonesia yang melaksanakan panen raya dengan Presiden RI yang berada di Kebumen," pungkasnya. (clau)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: