Hadiri Latber Kontes Kambing dan Domba Lokal OKU Timur, Ini Harapan Bupati Lanosin

Hadiri Latber Kontes Kambing dan Domba Lokal OKU Timur, Ini Harapan Bupati Lanosin

//Bupati dan Wakil Bupati OKU Timur Ir. H. Lanosin, M.T. dan H.M. Adi Nugraha Purna Yudha, S.H. menghadiri secara langsung Latber Kontes Kambing dan Domba Lokal Kabupaten OKU Timur. Minggu, 09 Juni 2024.--

MARTAPURA - Bupati dan Wakil Bupati OKU Timur Ir. H. Lanosin, M.T. dan H.M. Adi Nugraha Purna Yudha, S.H. menghadiri secara langsung Latber Kontes Kambing dan Domba Lokal Kabupaten OKU Timur. Minggu, 09 Juni 2024.

Tampak ratusan Kambing dan Domba yang dibawa oleh peternak dari berbagai penjuru OKU Timur ini dipajang di Lapangan Desa Liman Sari Kecamatan Buay Madang Timur untuk dinilai.

Setiap Kambing dan Domba peserta kontes akan masuk pada salah satu kelas yang ditentukan, yaitu Pejantan Non Poel, Betina Bakala, Domba Ekstrim dan Kambing Ekstrim

Bupati dan Wabup sangat mengapresiasi kegiatan ini, menurut Bupati dan Wabup dengan adanya kontes ini potensi ternak terutama kambing di Kabupaten OKU Timur dapat meningkat.

"Saya mengapresiasi kegiatan Latber Kontes Kambing dan Domba ini, kegiatan ini sangat positif. Semoga potensi ternak terutama kambing meningkat sehingga bisa mengangkat perekonomian masyarakat," tutur Bupati.

BACA JUGA:Jaga Regenerasi Kepemimpinan IMM, PC IMM OKU Timur Melantik 4 Komisariat

Bupati mengajak masyarakat untuk menjadikan Latber Kontes Kambing dan Domba ini sebagai edukasi dan motivasi untuk mengembangkan potensi peternak Kambing dan Domba.

"Menjadi peternak Kambing dan Domba sangat menguntungkan, saya harapkan muncul peternak kambing baru di tengah masyarakat," ucapnya.

Diketahui, berdasarkan data awal tahun 2024 dari Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten OKU Timur, populasi kambing mencapai 70.383 ekor.

Meski populasi tergolong tinggi, Pemkab OKU Timur tetap terus meningkatkan jumlah populasi ternak. Salah satunya dengan menyalurkan bantuan ternak kambing kepada kelompok peternak.

"Pada tahun anggaran 2024, kami telah menyalurkan bantuan kamping kepada 16 kelompok ternak. Masing-masing mendapatkan bantuan sebanyak 25 ekor yang terdiri dari 20 ekor betina dan 5 ekor jantan," jelas Kadin Perikanan dan Peternakan Kabupaten OKU Timur Yuniharyanto.

BACA JUGA:Komitmen Bersama, Pemkab OKU Timur Gelar Rembuk Stunting

Dengan adanya bantuan ini, dirinya berharao ternak kambing di Kabupaten OKU Timur meningkat. Dengan begitu kebutuhan kambing untuk hewan kurban, aqiqah dan lainnya dapat terpenuhi bahkan dapat disalurkan ke luar daerah.

"Ini juga dapat meningkatkan pendapatan dan perekonomian di Bumi Sebiduk Sehaluan," tutupnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: