Jarang Diketahui Manfaat Mengonsumsi Air Serai dapat Menurunkan Kolesterol, Ini Caranya!

Jarang Diketahui Manfaat Mengonsumsi Air Serai dapat Menurunkan Kolesterol, Ini Caranya!

Air Serai--

OKUTIMURPOS.COM- Kolesterol tinggi menjadi salah satu penyebab utama penyakit jantung dan stroke. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk menjaga kadar kolesterol dalam tubuh agar tetap stabil. 

Banyak cara alami yang bisa menjaga kadar kolestor tetap setabil Salah satunya yang dapat dilakukan adalah dengan mengonsumsi air serai secara rutin.

Serai atau yang juga dikenal dengan sebutan sereh merupakan salah satu rempah-rempah yang sering digunakan dalam masakan. 

Selain memberikan aroma dan rasa yang segar, serai juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, salah satunya adalah menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

senyawa aktif dalam kandungan air serai, seperti citronella, mampu menghancurkan lemak yang ada dalam darah dan mengurangi produksi kolesterol jahat atau LDL. 

BACA JUGA:Manfaat dan Cara Mengolah Kulit Jeruk Bali Untuk Kesehatan Kekebalan Tubuh

Selain itu, air serai juga diketahui dapat meningkatkan kolesterol baik atau HDL dalam tubuh.

Kandungan sitronela dalam air serai memiliki efek antioksidan yang tinggi. Hal ini bisa membantu melawan radikal bebas dalam tubuh yang bisa menjadi penyebab timbulnya kolesterol tinggi.

Cara mengonsumsi air serai untuk menurunkan kolesterol cukup mudah. Anda hanya perlu merebus batang serai yang telah dicuci bersih dan di pipihkan dalam air mendidih selama 5-10 menit. 

Setelah itu, saring air serai dan biarkan hingga suhu ruangan serta tambahkan es batu jika dirasa ingin mengonsimsinya secara dingin.

Minum air serai ini secara rutin setidaknya dua kali sehari untuk mengoptimalkan manfaatnya.

Namun, perlu diingat bahwa air serai tidak dapat bekerja sendiri. Penting bagi kita untuk tetap menjaga pola makan yang sehat, mengurangi konsumsi makanan berlemak dan tinggi kolesterol, serta rutin berolahraga.

Selain itu, bagi yang memiliki masalah dengan asam lambung, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi air serai secara teratur. Karena dapat menimbulkan efek samping seperti iritasi lambung dan perut.

BACA JUGA:Manfaat dan Cara Mengolah Jeruk Bali yang Populer di Indonesia, Salasatunya Dapat Menjaga Kesehatan Kulit

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: