Bangga, Program Revitalisasi Bahasa Daerah Jadi Prestasi, Bupati Enos Segera Raih Penghargaan Mendikbudristek

Bangga, Program Revitalisasi Bahasa Daerah Jadi Prestasi, Bupati Enos Segera Raih Penghargaan Mendikbudristek

Wakimin SPd MM.--

MARTAPURA, OKUTIMURPOS.COM - Program Revitalisasi Bahasa Daerah Komering yang digaungkan Disdikbud Kabupaten OKU Timur akhirnya berbuah Prestasi. Bahkan Bupati OKU Timur Ir H Lanosin MT dijadwalkan akan menerima penghargaan dari Kementerian Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Republik Indonesia.
 
Penghargaan ini nantinya akan diserahkan saat Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) Nasional dan Rapat Koordinasi Penguatan RBD antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.
 
Kegiatan ini dijadwalkan berlangsung dì Hotel Sultan, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Kamis 02 Mei 2024 mendatang.
 
Dikonfirmasi langsung, Kabar penerimanaan penghargaan ini dibenarkan langsung Kadisdikbud OKU Timur Wakimin SPd MM, melalui Sekdin Ir H Dodi Purnama ST MM didampingi  Kasi Peserta Didik, Himawan Basatasi MPd.
 
"Undangan kehadiran untuk penerimaan penghargaan ini sudah kita terima, dan akan segera kita naikan ke pak Bupati," ungkap Dodi, Rabu 24 April 2024.
 
Penghargaan dan apresiasi ini kata Dodi, didapat berkat komitmen Pemkab OKU Timur yang terus konsisten melakukan revitalisasi bahasa daerah (komering).
 
Mulai dari pelaksaan revitasisasi, Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) tingkat kabupaten dan provinsi, hingga pengimbasan kepada guru-guru.
 
Selain itu, Pemkab OKU Timur melalui Disdikbud OKU Timur telah memasukan bahasa daerah Komering menjadi pelajaran Muatan Lokal (Mulok) dì sekolah-sekolah.
 
"Ahamdulilah Pak Bupati Lanosin akan menerima penghargaan ini bersama 19 kepala daerah lainnya dì Indonesia, dan satu-satunya perwakilan dari Provinsi Sumsel," ujar Dodi.
 
Pelaksanaan revitalisasi bahasa daerah ini bisa terlaksana dengan baik berkat dukungan Pemkab OKU Timur khususnya pak Bupati Lanosin.
 
"Pak Bupati menginginkan agar bahasa daerah khususnya Komering menjadi identitas OKU Timur. Meskipun secara umum, diOKU Timur mempunyai beragam suku dan budaya," ujarnya.
 
Sebagai informasi, perwakilan dari Kabupaten OKU Timur akan dìlepas mengikuti FTBI Nasional pada Jumat 26 April 2024 mendatang. (clau)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: liputan langsung