Rakerwil dan Upgrading Sukses, Lazismu OKU Timur Apresiasi Lazismu Wilayah

Rakerwil dan Upgrading Sukses, Lazismu OKU Timur Apresiasi Lazismu Wilayah

Lembaga Amil Zakat, Infaq, dan Shadaqah Muhammadiyah (Lazismu) Sumatera Selatan sukses menggelar Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) sekaligus Upgrading di Aula IKesT Muhammadiyah Palembang--

PALEMBANG,OKUTIMURPOS.COM- Lembaga Amil Zakat, Infaq, dan Shadaqah Muhammadiyah (Lazismu) Sumatera Selatan sukses menggelar Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) sekaligus Upgrading di Aula IKesT Muhammadiyah Palembang, 13 Ulu, Kecamatan Sebrang Ulu I, Kota Palembang, sumatera Selatan pada Sabtu-Ahad  16-17 Maret 2024.

Kegiatan Rakerwil dan Upgrading tersebut mengusung tema, “Penguatan Inovasi Sosial untuk Pencapaian SDGs”.

Ketua Lazismu Sumatera Selatan, Haris Jumadi, S.E., M.M mengatakan Rakerwil dan Upgrading dilaksankan sesuai dengan amanah organisasi. Lazismu Sumatera Selatan pada tahun 2023 menjadi tuan rumah Rakernas yang dilaksanakan di Kota Palembang. Maka, setelah Rakernas Lazismu se-indonesia seyogyanya, Rakerwil dilaksanakan Lazismu se-Sumatera Selatan.

Mudah-mudahan dengan Rakerwil yang  dibarengi upgrading ini menjadikan Lazismu menjadi lembaga yang semakin dipercaya di masyarakat  dalam menyalurkan zakat, infak, dan sedekah. Dan tentunya pada Rakerwil ini dapat banyak manfaat untuk Lazismu se-Sumatera Selatan kedepannya menjadi lebih baik lagi.

BACA JUGA:Sukses Ungkap Jaringan Narkoba Terbesar, Polda Sumsel Terima Penghargaan Lemkapi

Lazismu Sumsel telah banyak melakukan program-program inovatif dalam penyaluran ZIS, seperti program pemberdayaan ekonomi, bantuan pendidikan, dan layanan kesehatan. Diharapkan melalui Rakerwil ini, Lazismu se-Sumatera Selatan dapat memperkuat sinergi dan kolaborasi dalam mengembangkan program-program inovatif untuk mencapai SDGs. 

“Momentum Rakerwil ini merupakan ajang bukan hanya untuk silahturahim dan mengevaluasi kinerja serta merumuskan program kerja saja tetapi juga menjadikan kita untuk bisa bertukar pikiran, ide dan gagasan serta bisa memupuk semangat kekompakan Lazismu se-Sumatera Selatan agar kedepan bisa menjadi lebih baik lagi,” ujar Haris.

Sementara itu, Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumatera Selatan, H. Ridwan Hayatuddin, S.H., M.H melaui Dr. Ir. Muktarudin Muchsiri, M.P selaku Majelis Pendidikan Kader menyampaikan apresiasi kinerja Lazismu Sumsel yang telah menunjukkan kontribusi nyata dalam membantu masyarakat.

Beliau memotivasi para awak Lazismu dengan semangat Quran Surat At-Taubah ayat 103, dan juga memberikan wejangan tafsirnya. 

BACA JUGA:Kapolres OKU Timur Raih Pin Emas Terbaik Se Polda Sumsel dari Kapolda

“Zakat dan infak itu adalah sesuatu yang sangat diperlukan sebagai obat mujarab untuk kebaikan kesolehan, menjauhkan dari kemunafikan. Maka kita menginagtkannya adalah sebuah pahala besar. Oleh karena itu, petugas Lazismu itu seperti petugas pajak tetapi mulia. Kalau petugas pajak dihindari karena dia mengurangi saja tapi tidak bertambah. Kalau Zakat itu kita ambil, dia jadi bertambah dan itu dijangkau sesuai keimanan, bertambah berlipatgandakan,” terang Muktarudin.

“Muhammadiyah sebagai organisasi Islam terbesar di Indonesia memiliki tanggung jawab besar untuk membantu pemerintah dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat melalui Lazismu diantaranya,” tutupnya.

Kemudian Ketua Lazismu Pusat, Ahmad Imam Mujaddid Rais, M.IR melalui Erni Juliana Al Hasan Nasution, S.E., M.Ak selaku Wakil Ketua Lazismu Pusat Bidang Audit menyampaikan pentingnya inovasi dalam pengelolaan zakat, infaq, dan shadaqah (ZIS) untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs). Serta hal penting lainnya adalah kepatuhan dan ketertiban pelaporan agar bisa di audit dan bisa dipertanggung jawabkan, hal ini supaya menambah trust donatur kepada Lazismu.

“Lazismu harus menjadi motor penggerak dalam mewujudkan SDGs, khususnya di bidang pendidikan, kesehatan, dan pengentasan kemiskinan,serta menjadi Lembaga yang Kredibel, Berintergritas dan Amanah,” ujar Erni.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: