Resep Kuliner Khas Kota Palembang, Cocok disantap saat Musim Hujan

Resep Kuliner Khas Kota Palembang, Cocok disantap saat Musim Hujan

Foto: dok OTP - Kuliner Khas Palembang--

KULINER – Musim hujan tiba resep kuliner khas Palembang berikut yang sangat cocok disantap saat cuaca dingin.

 

Cuaca musim penghujan telah tiba tanpa terkecuali wilayah Kota Palembang, Sumatera Selatan. Pada saat hujan udara akan terasa lebih dingin.

 

Dikala musim hujan, tubuh akan terasa dingin dan memang paling pas menikmati makanan yang hangat dan lezat. Selain bisa menghangatkan badan juga mengenyangkan.

 

Apalagi peralihan musim dari yang awalnya kering berubah menjadi musim hujan bisa jadi membuat kesehatan menjadi tidak stabil. Untuk itu dibutuhkan asupan lebih banyak

 

Beikut 5 kuliner khas Palembang yang cocok disantap saat hawa dingin menyerang tubuh sehingga bisa menghangatkan badan.

 

1. Tekwan dan model

 

Sajian kuliner khas Kota Palembang satu ini siapa yang tidak tahu? Bahkan baik tekwan atau model jadi salah satu santapan wajib terutama saat musim hujan.

 

Kuliner satu ini mampu menghangatkan tubuh dan membuat lidah bergoyang dengan sedapnya kuah kaldu ditambah racikan khas kecap, saus dan cabai.

 

Tekwan makanan berbahan dasar ikan yang kenyal dan nikmat bersama dengan kuah udang, bihun lalu disiram dengan kuah bening yang gurih menjadi santapan yang cocok.

 

2. Pempek

 

Makanan satu ini menjadi makanan wajib di segala musim dengan rasa khas dan tentu mengunggah selera.

 

Pempek yang umumnya terbuat dari campuran tepung sagu dan ikan dimana cara penyajiannya dipadukan dengan cuko yang pedas dan manis.

 

Selain itu ada banyak jenis pempek yang bisa dicoba seperti pempek lenjer, keriting, pistel, adaan dan yang paling buat kenyang ada pempek kapal selam.

 

Pempek ini paling enak dan cocok disantap bersama keluarga ataupun teman di saat musim penghujan.

 

Ada banyak rekomendasi tempat makan pempek khususnya di Palembang. Diantaranya Pempek Beringin, Pempek Candy, Pempek Cek Tasya, Pempek Mama Musi dan banyak lagi.

 

3. Mie celor

 

Sajian kuliner selanjutnya yang bisa disantap dimusim hujan dari Palembang yakni olahan mie.

 

Mie celor berbeda dengan mie biasannya karena mie celor dari Palembang ini dimasak dengan kuah kaldu santan yang gurih, kental dan sangat legit.

 

Mie celor berarti mie yang dicelupkan dalam air yang kemudian disajikan bersama toge dan telur rebus.

 

Biasanya ini juga sangat di sukai warga Palembang untuk sajian diberbagai musim khususnya dimusim hujan.

 

Untuk menikmatinya memang paling enak juga ditambah dengan seledri dan bawang goreng dengan cita rasa kriuk-kriuk gurih yang pedas juga bisa ditambah sambal cabai yang pedas.

 

Nah untuk rekomendasi tempat makan mie celor di palembang bisa berkunjung ke Mie Celor 26 Ilir H. M. Syafei Z yang berlokasi di Jalan Merdeka No.54, Talang Semut, Kecamatan Ilit Barat I, Palembang.

 

4. Pindang

 

Makanan selanjutnya adalah pindang yang biasanya berbahan dasar ikan patin dengan kuah sup berwarna coklat dan rempah yang sangat kaya akan rempah.

 

Kuliner ini juga memiliki cita rasa asam, manis, dan pedas yang cocok disantap musim hujan apalagi dikonsumsi selagi hangat dan dimakan bersama nasi putih serta sambal tempoyak.

 

Pindang juga banyak ragam variannya seperti ikan baung, patin, toman, gabus, seluang, dan lais, Nah tidak hanya ikan saja tapi beberapa jenis makanan bisa diganti dengan ayam, udang, dan tulang sesuai selera.

 

Banyaknya peminat hidangan pindang ini  bahkan banyak tersedia diberbagai hidangan restoran-restoran besar yang ada di kota Palembang.

 

5. Martabak Har

 

Martabak ini merupakan hidangan dan makanan khas Palembang yang sering dijumpai di kota Palembang yang banyak disantap kala musim hujan melanda.

 

Martabak yang garing dan nikmat disiram dengan kentalnya kuah kari yang dipadukan dengan cuka dan irisan cabai.

 

Umumnya martabak ini terbuat dari telur ayam atau bebek namun untuk satu hal yang membuat Martabak Har unik adalah disajikan dengan kuah kari khas yang sangat kental.

 

Untuk rekomendasi tempat makan martabak har di Palembang bisa menikmatinya di Martabak HAR Legendaris yang tersedia di beberapa titik kota Palembang diantaranya yang ada di Jalan Sudirman, Simpang Sekip, PTC dan Masjid Agung.

 

Nah itu dia 5 rekomendasi kuliner Palembang yang cocok disantap kala musim hujan, semua nampak lezat dan nikmat sesuai selera, selamat mencoba.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: