Kado Muktamar IMM XX, Launching Buku Catatan Tinta Emas dari Narasi Menuju Aksi

Kado Muktamar IMM XX, Launching Buku Catatan Tinta Emas dari Narasi Menuju Aksi

Muktamar Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) ke XX di Kota Palembang Provinsi Sumatera Selatan yang digelar 1-3 Maret 2024 --

PALEMBANG,OKUTIMURPOS.COM - Muktamar Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) ke XX di Kota Palembang Provinsi Sumatera Selatan yang digelar 1-3 Maret 2024 dan dihadiri dan dibuka secara resmi oleh Presiden RI Bapak Ir. Joko Widodo.

Dalam pagelaran Muktamar IMM tersebut, dimeriahkan penampilan Paduan Suara SMA Muhammadiyah 6 Palembang, Tim Tari dari SMA 6 Muhammadiyah Palembang, Penampilan Jingle Muktamar oleh UMSU Band, Penampilan Tari Nusantara dari Sanggar Tari Rumah Elok, dan Hiburan-hiburan lain oleh Suara Surya UMSU, pernak pernik bazar salah satunya buku karya kader IMM.

Muktamar IMM juga adanya persembahan karya kader DPD IMM Sumatera Selatan Buku Catatan Tinta Emas, Dari Narasi Menuju Aksi yang dilaunching pada Muktamar IMM ke XX di Main Dining Hall, Jakabaring Sport City, Kota Palembang, Sumatera Selatan pada Ahad (03/03/2024).

Ketua Umum DPP IMM periode 2021-2023, Abdul Musawir Yahya mengatakan subtansi pemikiran penulis dalam buku Catatan Tinta Emas, Dari Narasi Menuju Aksi ini adalah gagasan yang layak untuk dibaca, dikembangkan dan terlebih dipraktikkan dalam realitas pergerakan, sesuai tajuknya “Dari Narasi untuk Aksi”. Dari jantung pemahaman intelektual yang matang, penulis merumuskan aneka ragam gagasan kreatif yang dapat dipraktikkan oleh Ikatan. Seperti Buya Hamka muda Penulis menawarkan narasi gerakan guna menjadikan Ikatan mampu merelevansikan antara narasi dan aksi nyata.

BACA JUGA:Pembukaan Muktamar IMM XX Sukses, Begini Amanat Presiden Republik Indonesia

“Muktamar IMM ke XX di Palembang merupakan Muktamar terbaik dari Muktamar Ortom Muhammadiyah lainnya, dengan dilaunchingnya Buku Catatan Tinta Emas, Dari Narasi Menuju Aksi ini merupakan salah satu bukti bahwa Muktamar juga membawa narasi-narasi besar untuk gerakan IMM masa depan yang lebih baik, bukan hanya seremonial saja. Sehingga diharapkan Gagasan Tri Orientasi IMM Narasi untuk Aksi dapat membawa perubahan IMM kedepan untuk semakin berjaya. Tiga konsentrasi gerakan tersebut ialah intelektual, ekonomi dan politik,” terang Abdul pada awak media pada Kamis (07/03/2024).

Persembahan Buku Catatan Tinta Emas, Dari Narasi Menuju Aksi yang dilaunching sebagai kado dan untuk memeriahkan Bazar pada Muktamar IMM ke XX di Palembang. Buku tersebut, tulisan kader IMM Sumatera Selatan IMMawan Preli Yulianto atau yang sering disapa Prely itu juga merupakan Ketua Bidang Media dan Komunikasi DPD IMM Sumatera Selatan periode 2022-2024. 

.Berikut beberapa seremonial dari berbagai tokoh dan aktivis IMM terkait Karya DPD IMM Sumatera Selatan, Buku Catatan Tinta Emas, dari Narasi Menuju Aksi.

“Membaca catatan Prely Yulianto seperti membaca sejarah gerakan intelektual oleh sejarawan cum activisnya sendiri. Orang dalam yang tekun dan jeli mencatat perjalanan dan membentuk nalar reflektif. Standar kader gerakan mahasiswa yang mustinya perlu dilipatgandakan kuantitas dan dampaknya. Selamat membaca dan terus bergerak mengubah,” ungkap David Efendi, S.IP., MA. Selaku Ketua Serikat Taman Pustaka Muhammadiyah, dan juga Pegiat Kader Hijau Muhammadiyah itu.

BACA JUGA:Dewan Pers Susun Program Pendampingan untuk Verifikasi Media, Ninik: Tolong Jangan Intimidasi Saya

“Karya ini merupakan wujud tanggung jawab intelektual yang mumpuni. Banyak hal besar yang terkandung di dalamnya. Semangat membara dalam karya ini memberikan pencerahan bagi pembacanya. Karya ini penting sebagai petunjuk generasi 5.0 agar tidak tersesat di jaman kegelapan ini,” terang Musa Maliki, PhD selaku Dosen FISIP UPN Veteran Jakarta.

“Ada kegelisahan pada jiwa muda sang penulis bahwasanya ada kesenjangan antara cita-cita dengan realita. Kepincangan dalam implementasi menggerakkan Penulis untuk mencoba mencari problem solving dengan menawarkan resolusi dari narasi menuju aksi dalam catatan tinta emas,” ujar H. Prioyitno, S.Pd., M.M selaku Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah OKU Timur.

"Kehadiran buku ini menjadi awal dalam memperkaya basis keilmuan kader, memahami narasi untuk direalisasikan dalam gerakan nyata. Buku Catatan Tinta Emas, Dari Narasi Menuju Aksi ini karya kader IMM Sumatera Selatan, semoga mampu menjadi pelopor gerakan yang bertumpu pada narasi, narasi untuk aksi nyata, untuk Indonesia berdaulat. Dalam momentum Muktamar IMM ke-20 ini menjadi sebuah refleksi, jadikan ini Kongres besar dalam merevitalisasi gerakan IMM untuk lebih baik lagi,” terang Robiyatul Maulana, M.H selaku Ketua Umum DPD IMM Sumatera Selatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: