KPU OKU Timur Gelar Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Mulai Hari ini

KPU OKU Timur Gelar Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Mulai Hari ini

KPU OKU Timur menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara dan penetapan hasil pemilihan umum tahun 2024 tingkat Kabupaten OKU Timur, Jumat 1 Maret 2024. Deo/okutpos--

MARTAPURA, OKUTIMURPOS.COM -Komisi Pemilihan Umum (KPU) OKU Timur menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara dan penetapan hasil pemilihan umum tahun 2024 tingkat Kabupaten OKU Timur, Jumat 1 Maret 2024.
 
Ketua KPU OKU Timur Denis Firmansyah mengaku, bahwa rapat rekapitulasi ini telah kita siapkan semaksimal mungkin. 
 
Dimana rapat pleno rekapitulasi tingkat KPU OKU Timur tersebut dipusatkan di Hotel Parai Martapura, selama tiga hari, 1-3 Maret 2024. 
 
"Sejauh ini tidak kendala yang berarti. Sebagian besar sudah selesai saat pleno di tingkat PPK," katanya. 
 
Tapi, lanjutnya, memang ada beberapa dinamika, seperti adanya beberapa laporan di Bawaslu, terkait adanya peserta atau caleg yang belum puas. 
 
"Tentunya hal itu sebisa mungkin kita selesaikan di rekapitulasi tingkat kabupaten ini," ujarnya. 
 
Dia berharap proses pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara tersebut bisa berjalan lancar dan cepat. "Syukur-syukur bisa selsai 1 hari atau 2 hari," harapnya. 
 
Memang kita siapkan pelaksaannya setiap hari dimulai pukul 08.30 WIB sampai puku 21.00 WIB. Namun jika ada kebutuhan penambahan waktu, tentunya akan diskusikan di forum. 
 
"Jika ada kesepakatan bersama, bukan tidak mungkin waktu akan kita tambah," jelasnya.
 
Sementara, Kapolres OKU Timur AKBP Dwi Agung Setyono SIK MH mengatakan bahwa pihaknya senantiasa mengawal seluruh proses Pemilu serentak 2024 di Kabupaten OKU Timur.
 
"Saat ini sudah tahap rapat pleno rekapitulasi tingkat KPU. Artinya sudah masuk tahap akhir yang ada di tingkat KPU OKU Timur," katanya. 
 
Untuk itu, lanjut Kapolres, sebagai penanggungjawab kamtibmas, dia mengajak seluruh elemen untuk selalu menjaga ketertiban.
 
"Sejak awal proses pemilu di OKU Timur selalu berjalan dengan baik, lancar dan tertib. Besar harapan kami di proses puncak ini bisa berjalan dengan baik," katanya. 
 
Kapolres berpesan, kepada penyelenggara yakni KPU agar melakukan tugas sesuai aturan yang berlaku. Begitu juga pengawas yakni Bawaslu agar mengawasi seluruh proses pemilu. 
 
"Kita juga mengingatkan jika ada keberatan-keberatan terkait perhitungan suara dan sebagainya silakan diselesaikan di rapat pleno rekapitulasi ini," ujarnya. 
 
Jika masih ada pula yang belum puas, Kapolres mengiatkan agar menempuh jalur-jalur resmi, baik di tingkat Bawaslu provinsi dan sampai jalur sengketa, ke Makamah Konstitusi.
 
"Jadi saya tegaskan tidak boleh ada yang mengganggu kamtibmas yang ada di Kabupaten OKU Timur. Khusus pada tahapan ini jangan ada yang mengerahkan massa dan sebagainya," tegas Kapolres.
 
AKBP Agung juga mengingatkan bahwa tidak boleh ada yang melakukan penghasutan-penghasutan, apalagi sampai pada ending gangguan kamtibmas, gangguan sosial dan terjadi kerusakan dan sebagainya. 
 
"Kalau terjadi seperti itu saya sudah siapkan pasal-pasal yang akan saya gunakan. Pasal penghasutan sudah saya siapkan, pasar pengrusakan sudah saya siapkan, dan bahkan jika ada korban pasal 170 pun sudah siapkan," ujarnya lagi. 
 
"Namun saya meyakini, masyarakat OKU Timur sudah cerdas, dan tidak akan melakukan perbuatan yang merugikan diri sendiri maupun orang lain," pungkasnya. (clau)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: kpu oku timur