Ban Motor Cepat Gundul, Padahal di Desain Bertahan Hingga 2 Tahun, Ternyata Ini Penyebabnya

Ban Motor Cepat Gundul, Padahal di Desain Bertahan Hingga 2 Tahun, Ternyata Ini Penyebabnya

Ban merupakan salah satu komponen yang sangat penting bagi jalan nya motor--

OKUTIMURPOS.COM- Ban merupakan salah satu komponen yang sangat penting bagi jalan nya motor

Namun sayangnya banyak yang kurang memperhatikan tentang ban motor, padahal ban yang memang kurang terawat sangat berbahaya jika di biarkan. 

Penyebab ban motor cepat gundul bisa disebabkan salah dalam cara berkendara. Padahal ban motor umumnya di desain untuk bisa bertahan selama 1,5 sampai 2 tahun. 

Oleh sebab itu penting bagi kita untuk merawat ban. Berikut cara merawat ban motor agar terhindar dari hal tidak kita inginkan:

1. Tekanan ban motor rendah

Penyebab ban motor cepat gundul adalah sering berkendara dengan tekanan angin rendah. Hal ini terjadi karena banyak pemilik motor yang jarang mengecek tekanan angina ban motor.

Padahal lambat laun tekanan angin dalam ban motor akan berkurang.

BACA JUGA:Sekilas Tampak Seperti Honda Beat, Ternyata Motor Listrik Volta 401 Produksi Indonesia, Harga Terjangkau

Ingat tekanan angin pada ban motor yang berkurang membuat luas permukaan ban yang bergesekan dengan aspal jalanan juga semakin besar. Temperatur ban pun semakin tinggin sehingga tapak ban akan lebih mudah terkikis.

Maka untuk menghindari ban motor cepat gundul, pastikan untuk rajin mengecek tekanan angin. Sesuaikan tekanan angin dengan seting pabrikan.

2. Terlalu sering mengerem mendadak

Mengerem mendadak adalah salah satu kebiasaan berkendara yang sangat mempengaruhi ter kikisnya ban. Saat Anda mengerem secara tiba-tiba, gesekan antara ban dan jalan meningkat drastis. 

Efek langsungnya adalah terkikisnya pada lapisan luar ban yang bisa terjadi dalam waktu singkat. Selain itu, pengereman mendadak juga bisa menyebabkan terkikisnya ban tidak merata.

Hal itu tentu berisiko tinggi terhadap keamanan Anda, terutama saat kondisi jalan basah atau licin. Oleh karena itu, cobalah untuk mengerem dengan lebih halus dan terencana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: