WBP Lapas Martapura Dibekali Kegiatan Kerja Ternak Burung Murai di Penangkaran Berandgang

WBP Lapas Martapura Dibekali Kegiatan Kerja Ternak Burung Murai di Penangkaran Berandgang

Petugas Lapas Kelas IIB Martapura saat melihat penangkaran burung murai Lapas Kelas IIB Martapura. Deo/okutpos--

MARTAPURA, OKUTIMURPOS.COM - Dalam Program kegiatan kerja Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Martapura membuat penangkaran burung di Berandgang Lapas Kelas IIB Martapura, Selasa 2 Januari 2024.
 
Pelaksanaan kegiatan dipimpin langsung Kasubsi Giatja Dicki Novriandi mengatakan, ada dua jenis burung yang akan dilakukan diternakkan di penangkaran yaitu jenis Burung Murai dan Burung Aviari atau yang lebih dikenal dengan burung-burung kecil.
 
"Tujuan kegiatan kerja ini untuk mendapatkan jumlah, mutu, kemurnian jenis dan keanekaragaman genetik yang terjamin dan yang terpenting pemanfaatan," katanya.
 
Sehingga kata Dicki Novriandi, mengurangi tekanan langsung terhadap populasi alam dari segi Lapas ini termasuk kegiatan pembinaan kemandirian yang baru yaitu penangkaran burung murai dan aviary mini burung.
 
"Pembinaan ini bermula dari obrolan coffee morning, bercerita tentang hobi, kemudian menjadi sebuah ide untuk pembinaan di Lapas," jelasnya.
 
Pembinaan ini Lanjut Dicki, sangat bersifat positif selain untuk menyalurkan hobi dan ketenangan juga akan menghasilkan prospek bisnis yang sangat menguntungkan di lihat burung yang di tangkarkan adalah murai batu jenis medan. 
 
"Burung murai selain suara yang bagus dan unik juga perawatannya yang sangat mudah. Saat ini lapas memiliki 5 pasang burung murai untuk di kembang biakan. Tidak hanya burung murai di lapas masih banyak terdapat beragam jenis burung, mulai dari burung murai batu, kacer, kenari, branjangan, kolibri ninja, love bird dan masih banyak lagi, tidak hanya suara yang sangat bagus dan unik," ujarnya.
 
Dikatakan, burung-burung ini pun memiliki warna yg cerah dan menawan. "Semoga manfaat penangkaran burung juga di peroleh juga oleh WBP lainnya sehingga bisa di jadikan keterampilan setelah bebas nanti," pungkasnya. (clau)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: liputan langsung