Tingkatkan Penjualan, Wabup OKU Timur Ajak Pedagang Tradisional Beradaptasi Manfaatkan Kemajuan Teknologi

Tingkatkan Penjualan, Wabup OKU Timur Ajak Pedagang Tradisional Beradaptasi Manfaatkan Kemajuan Teknologi

Foto : IST R10 - Wakil Bupati OKU TImur HM Adi Nugraha Purna Yudha SH --

BACA JUGA:Pemda OKU Timur Gelar Upacara Hari Bela Negara, Meningkatkan Rasa Cinta Tanah Air

Jumlah pembeli di Pasar Martapura mengalami penurunan drastis yang berdampak pada penurunan pendapatnya. 

"Pada waktu Covid-19 masih berguyur pengunjung pasar masih ada yang berdatangan. Namun saat ini bisa dilihat sendiri jangankan ada yang membeli bahkan yang lewat saja tidak ada," katanya.

Ia juga menyampaikan, semenjak ada e-commerce pendapatnya turun drastis bahkan dalam sehari saja kadang tidak ada yang laku.

Bahkan ia juga menyampaikan bahwa saat tidak lagi memakai karyawan untuk menjaga tokonya karena tidak bisa lagi menggajinya karena sepi pengunjung.

"Kami bertahan di pasar ini karena dari pada tidak ada kerjaan saja. Mas bisa lihat sendiri tidak pengujung yang lewat," ucapnya. 

Lanjut kata dia, jika dulu ada ratusan pengujung yang lalu lalang dan membeli pakaian di toko. Namun kini kadang sehari kadang satu dua pengujung yang lewat, terkadang tidak ada pembeli.

BACA JUGA:KPU OKU Timur Lakukan Proses Kelogistikan Perakitan Kotak Suara

"Iya kadang dalam seminggu hanya beberapa pengunjung yang mampir untuk membeli di toko saya ini. Namun bahkan pernah dalam satu bulan itu tidak ada pengujung yang membeli di toko saya," ceritanya.

Ia juga mengaku, bila banyak pembeli memilih untuk berbelanja di e-commerce karena memiliki beberapa keunggulan. Dimana para konsumen diberikan kemudahan, kecepatan dan harga yang lebih murah.

"Selain itu, barang-barang dapat dilihat oleh konsumen sambil rebahan di rumah. Serta harga yang ditawarkan di e-commerce jauh lebih murah dari pada harga pasar. Hal inilah, yang mengalahkan pembeli untuk ke pasar untuk berbelanja kebutuhan pakaian," ujarnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Joko pedagang pecah belah, menyampaikan bahwa tidak banyak pembeli yang berbelanja di toko miliknya.

Hal ini juga berkaitan dengan harga jual komoditas pertanian. Dimana jika harga jual komoditas pertanian bagus maka daya beli masyarakat juga tinggi.

BACA JUGA:KPU OKU Timur Lakukan Proses Kelogistikan Perakitan Kotak Suara

"E-commerce ini juga salah satu rentetan imbas sepinya pengujung di pasar. Harga jual komoditas pertanian yang turun juga mempengaruhi pembeli," pungkasnya. (clau)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: