Ini Tips Mengendarai Motor Jarak Jauh, Cek Sebelum Berangkat

Ini Tips Mengendarai Motor Jarak Jauh, Cek Sebelum Berangkat

Ilustrasi--

2. Pastikan Surat-Surat Kendaraan Lengkap

Mulai dari SIM harus dicek apakah masa berlakunya masih aktif atau tidak. Kemudian cek juga STNK motor apakah sudah membayar pajak tahunan.

Surat-surat ini penting untuk perjalanan jarak jauh agar Anda tidak terkena tilang. Seringkali pemeriksaan surat-surat kendaraan ini dilakukan di batas antar provinsi.

Jika tidak ingin rugi membayar tilang sebaiknya cek terlebih dahulu. pastikan membawa STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) dan SIM (Surat Tanda Mengemudi) C yang masih berlaku.

BACA JUGA:Simak ini dia!! Tiga Motor Baru Tahun 2023

Surat-surat tersebut membuktikan legalitas administratif kendaraan dan bukti bahwa Anda telah memenuhi syarat mengemudikan sepeda motor.

3. Hindari Membawa Barang Berlebihan

Persiapan naik motor jarak jauh yang selanjutnya sering diabaikan adalah tidak membatasi jumlah barang bawaan.

Seperti membawa barang sebanyak-banyaknya seperti oleh-oleh bagi keluarga dan rekan rekan di kampung karena Anda akan mudik.

Setidaknya bawalah barang seadanya, bisa juga dengan tas ransel diletakkan di depan ketika menggunakan motor matik. Barang yang terlalu banyak hanya akan membuat konsentrasi anda terpecah.

Karena posisi barang bawaan dapat mengganggu kenyamanan. Belum lagi jika Anda tidak pergi sendiri, hadirnya barang akan membuat tempat duduk semakin sempit.

BACA JUGA:Resmi Mengaspal, New Honda Beat 2024 Tetap Disokong Rangka ESF, Tawarkan Garansi 5 Tahun

4. Mengenakan Helm yang sudah SNI

Urusan kepala juga tidak kalah pentingnya, Anda wajib mengenakan helm. Jenis helm yang digunakan juga harus pas di kepala.

Pastikan agar helm sudah memiliki Standar Nasional Indonesia (SNI) yang merupakan peraturan baku. Helm yang sudah berstandar SNI memiliki kekuatan yang baik seperti tahan terhadap benturan keras.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: