Ini Strategi Sumatera Selatan untuk Memperkuat Upaya Penurunan Stunting

Ini Strategi Sumatera Selatan untuk Memperkuat Upaya Penurunan Stunting

Sekda Sumsel Ir. S. A. Supriono yang juga sebagai Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting--

Sumatera Selatan Perkuat Upaya Penurunan Stunting dengan Penyusunan Grand Desain Kependudukan

OKUTIMURPOS.COM- Sekda Sumsel Ir. S. A. Supriono baru-baru ini menerima audiensi dari Kepala Perwakilan Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Sumatera Selatan, Mediheryanto, SH, MH., di Ruang Tamu Sekda.

Pertemuan ini fokus pada penunjukan Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Selatan sebagai Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) dan diskusi mengenai Penyusunan Dokumen Grand Desain Kependudukan Pembangunan Keluarga.

Dalam tanggapannya, Supriono menekankan pentingnya penentuan Grand Desain yang memiliki sasaran, fungsi, tujuan, regulasi, dan rencana yang melibatkan berbagai sektor. 

Proses ini akan diintegrasikan dengan target jangka panjang selama 25 tahun, mempertimbangkan berbagai hambatan yang mungkin dihadapi.

Supriono juga menyarankan agar pendataan stunting dilakukan secara lebih detail dan mengaktifkan dasawisma. 

Dia menekankan pentingnya koordinasi dengan kabupaten/kota untuk pelaporan stunting yang terintegrasi dengan pusat, yang dimonitor oleh Dinas terkait.

BACA JUGA:Ini Peran Penyuluh KB dan Keder Kencana Se-Sumsel , Terutama Dalam Menekan Stunting

 Program Sumsel Berkat adalah salah satu inisiatif pembiayaan dalam penanganan stunting oleh Pemprov Sumsel.

Sementara itu, Mediheryanto menjelaskan bahwa Tim Penyusunan Dokumen Grand Desain telah dibentuk dan sekarang berfokus pada langkah-langkah penyusunan lanjutan. 

Grand desain mencakup lima pilar, termasuk pengendalian kuantitas penduduk, peningkatan kualitas penduduk, pembangunan keluarga, mobilitas penduduk, dan administrasi penduduk.

Kehadiran Kepala Bappeda Sumsel, Regina Ariyanti, dan Kadinkes Sumsel, dr. Trisnawarman, M.Kes, juga memperkuat diskusi ini.

Diketahui  pada  Kepala BKKBN yang diwakili Penyuluh KB Utama Eli Kusnaeli, dalam Rakerda Februarai 2023  menyerahkan Piagam Penghargaan Capaian Tertinggi Percepatan Penurunan Stunting Tingkat Nasional Tahun 2022 kepada Gubernur Sumatera Selatan. 

BACA JUGA:Gubernur Sumsel Herman Deru Evaluasi dan Susun Strategi Penanganan Stunting

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: